ADVERTORIALSumbawa

Pemkab Sumbawa Wujudkan Akses Internet di Wilayah Pelosok di Sumbawa

Mataram (Satu) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa, terus berupaya mewujudkan akses informasi yang merata dan mendorong pemerataan pembangunan di seluruh wilayah.

Mewujudkan upaya tersebut, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Dalam hal ini akan melaksanakan pemasangan layanan Very Small Aperture Terminal (VSAT) di 55 lokasi di seluruh Kabupaten Sumbawa.

Bupati Sumbawa, H. Mahmud Abdullah alias Haji Mo menyampaikan, program ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas internet di wilayah terpencil dan pelosok. Selama ini sulit terjangkau oleh layanan internet konvensional.

Rencana ini tertuang dalam surat resmi dari BAKTI dengan Nomor: 15406/BAKTI.31.3/UM.01.01/08/2024, yang dikirimkan kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa pada 15 Agustus 2024.

Dalam surat tersebut, BAKTI menunjuk PT Paramitra Intimega sebagai penyedia layanan yang akan bertanggung jawab atas pelaksanaan proyek ini.

“Pemasangan VSAT ini akan kami lakukan di berbagai sekolah, puskesmas, dan fasilitas umum lainnya di seluruh wilayah Sumbawa. Termasuk di Kecamatan Labuhan Badas, Lunyuk, Unter Iwes, Tarano, Rhee, dan masih banyak lagi,” kata Haji Mo, Jumat, 30 Agustus 2024.

Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Kesehatan

Dengan jaringan internet yang handal, ujar Haji Mo, ia berharap kualitas pendidikan dan layanan kesehatan di wilayah-wilayah tersebut akan meningkat signifikan.

Tidak hanya itu, akses internet yang merata juga, harapannya dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat. Mulai dari perdagangan online hingga pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berbasis digital.

“Program ini akan menjadi salah satu tonggak penting dalam upaya mempercepat pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumbawa.” ujar Haji Mo.

Program ini, lanjut Haji Mo, merupakan bagian dari komitmen Pemkab Sumbawa untuk menjadikan wilayah ini sebagai daerah yang berdaya saing tinggi dalam era digital.

Dengan keberhasilan program ini, harapannya, Sumbawa tidak hanya menjadi lebih terhubung. Tetapi juga lebih siap dalam menghadapi tantangan dan peluang di masa depan.

“Pemasangan VSAT di 55 lokasi ini diharapkan selesai dalam waktu dekat dan segera dapat dinikmati oleh masyarakat luas,” harapnya.

Selain itu, Pemkab Sumbawa juga berkomitmen untuk terus mengawal dan memastikan setiap lokasi yang direncanakan mendapatkan layanan internet yang berkualitas.

Dengan langkah ini, Pemkab Sumbawa semakin mempertegas posisinya sebagai pelopor dalam penyediaan layanan publik berbasis digital di NTB.

“Pemerataan akses internet menjadi salah satu upaya strategis untuk mendukung visi besar Sumbawa sebagai kabupaten yang maju, mandiri, dan sejahtera,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button