LingkunganLombok Timur

Pemda Lotim Bakal Bangun Instalasi Pengolahan Tinja di Ijobalit

Lombok Timur (NTBSatu) – Dampak buruk limbah tinja mengintai daerah Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Menjawab persoalan tersebut, pemerintah setempat berencana membangun Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT). Lokasinya di Desa Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji, bersamaan dengan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Lombok Timur. 

Pemda Lombok Timur mengharapkan instalasi tersebut mampu mengurangi cemaran limbah tinja untuk dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lombok Timur, Achmad Dewanto mengatakan, anggaran pembangunan instalasi tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). 

“Segala persyaratan sudah kami penuhi dan kami akan mendapatkan DAK Rp10 miliar untuk mulai pengerjaan fisiknya,” katnya, Selasa, 22 Oktober 2024. 

Dewanto mengungkapkan, Pemda Lombok Timur melalui Dinas PUPR akan mengambil alih limbah tinja yang saat ini pihak swasta kelola.

“Selama ini kan kalau sedot WC di septic tank itu jasa swasta yang kita gunakan. Dia sedot, tapi mereka buang ke mana kita tidak tahu, padahal itu tidak boleh. Makanya, tahun depan ini kita akan bangun IPLT,” jelasnya. 

Pihaknya menargetkan memulai proyek tersebut pada 2025. Pengelolaan bekerja sama dengan Dinas LHK Lombok Timur. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button