Politik

Debat Pertama Pilgub NTB Bahas Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik

Mataram (NTBSatu) – Debat pertama Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTB 2024 akan berlangsung di Hotel Lombok Raya, Kota Mataram, pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Ketua KPU NTB, Muhammad Khuwailid mengatakan, pada debat pertama ini, calon gubernur dan calon wakil gubernur akan beradu gagasan tentang reformasi birokrasi dan pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat.

“Tema debat pertama itu adalah reformasi birokrasi dan pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat,” kata Khuwailid, Jumat, 18 Oktober 2024.

Dari tema tersebut, lanjut Khuwailid, pihaknya membagi ke dalam empat sub tema. Di antaranya tentang inovasi pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Pelaksanaannya dibagi dalam enam segmen, seperti pembukaan, penyampaian visi-misi, serta pendalaman visi-misi oleh masing-masing pasangan calon atau paslon.

“Tim penilai debat perdana ini terdiri dari empat panelis, mereka kebanyakan dari kalangan akademisi,” ujarnya.

Dalam pelaksanaannya nanti, KPU NTB akan membatasi jumlah pendukung paslon yang bisa hadir. Namun untuk jumlah pastinya, masih dalam tahap pembicaraan.

“Kita akan ukur sesuai dengan kapasitas tempat agar tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak, biar dia pas. Kita juga harus menjaga supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelasnya.

Sebelumnya, KPU Provinsi NTB sudah menetapkan jadwal pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur NTB 2024.

Khuwailid menyampaikan, penyelenggaraan debat paslon sebanyak tiga kali. Pertama pada 23 Oktober 2024 di Kota Mataram. Kemudian, 8 November 2024. Terakhir pada 20 November 2024.

“Untuk lokasi debat kedua dan ketiga belum kita tentukan, nanti kita sampaikan,” ujar Khuwailid

Debat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ini, lanjut Khuwailid, akan disiarkan di Televisi Nasional. “Akan kami siarkan pada TV Nasional. Saat ini masih dalam proses,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button