ADVERTORIAL

Pemkot Bima Terus Berupaya Tingkatkan Kualitas Perencanaan dan Pembangunan di Tingkat Kelurahan

Kota Bima (NTBSatu) – Pemerintah Kota Bima terus berupaya meningkatkan kualitas perencanaan dan pembangunan di tingkat kelurahan, dalam upaya tersebut, Kelurahan Kodo resmi dicanangkan sebagai salah satu “Kelurahan Cantik” atau “Cinta Statistik”. Acara yang berlangsung di halaman Kelurahan Kodo ini dihadiri oleh Plt. Asisten II, H. Tafsir. Kamis, 29 Agustus 2024.

Kelurahan Kodo terpilih sebagai Kelurahan Cantik (Cinta Statistik) di antara 41 kelurahan lainnya di Kota Bima. Sejak tahun 2021, program ini telah diterapkan di tiga kelurahan, dan tahun 2024 ini, Kelurahan Kodo menjadi bagian dari inisiatif penting tersebut.

Dalam sambutannya, H. Tafsir menyampaikan pentingnya optimalisasi pengelolaan dan pemanfaatan data untuk pembangunan berbasis Sistem Data dan Informasi Desa (SDDI) di Kelurahan Kodo. “Program Kelurahan Cantik ini bukan hanya soal pengumpulan data, tetapi juga bagaimana data tersebut dimutakhirkan dengan cepat dan akurat untuk mendukung perencanaan yang lebih baik,” ungkapnya.

Beliau menambahkan harapannya agar program ini dapat menjadikan Kelurahan Kodo sebagai subjek dan tonggak pembangunan. “Dengan adanya program ini, kami berharap data di Kelurahan Kodo dapat dimutakhirkan lebih cepat, sehingga perencanaan pembangunan bisa lebih tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambahnya.

Kepala BPS Kota Bima, Tuti Juhaeti, juga menegaskan tujuan dari program ini untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan perangkat kelurahan dalam mengelola data statistik.
“Kami berharap Kelurahan Kodo dapat menjadi contoh bagi kelurahan lain dalam hal pemanfaatan data untuk pembangunan,” ujarnya.

Dengan pencanangan ini, diharapkan Kelurahan Kodo dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki untuk mewujudkan perencanaan berbasis SDDI. Sinergi antara Pemerintah, perangkat kelurahan, dan masyarakat sangat diperlukan agar program ini berjalan sukses dan memberikan manfaat nyata bagi warga Kelurahan Kodo. (AR/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button