Daerah NTBKota MataramPariwisataPemerintahan

Dispar Kota Mataram Targetkan Realisasi Dua Proyek Fisik Rampung Sebelum Pilkada

Mataram (NTBSatu) – Serapan Anggaran beberapa OPD di Kota Mataram tergolong masih rendah. Salah satunya, Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram. 

OPD ini tercatat mendapatkan skor terendah untuk kategori realisasi serapan anggaran fisik. Hanya sebesar 16,19 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, Cahya Samudera menjelaskan bahwa anggaran kasnya memang sedikit terhambat untuk dua proyek fisik. Yakni pembebasan lahan Bank Indonesia atau Bank Belanda senilai Rp9 miliar dan revitalisasi Pantai Ampenan Rp4,5 miliar.

Keduanya berada dalam satu kawasan yang sama. Dan saat ini tengah dalam proses  pengerjaan.

“Hampir separuh anggaran teralokasikan ke pembebasan lahan Bank Indonesia atau Bank Belanda. Kawasan tersebut nanti akan menjadi wisata heritage,” ujarnya usai kegiatan Mataram Culture Festival 2024, bertempat di Teras Udayana, Minggu, 21 Juli 2024.

Terkait dengan pembebasan lahan tersebut, lanjut Cahya, sejauh ini tidak ada kendala dan masih terus berprogres dengan melibatkan stake holder yang lain.

“Sudah turun kemarin dari PU, kemudian dari BPN sudah cek lokasi,” imbuhnya.

Pun perihal tender revitalisasi Pantai Ampenan yang sudah rampung. 

Kini tinggal menjalankan pembangunan fisik saja. 

“Tendernya sudah selesai. Kita sudah sosialisasi kemarin dengan para pedagang. Sekarang sudah proses pembersihan. Tanggal 1 Agustus sudah mulai pembangunan fisik,” terangnya.

Sebelumnya, Sekda Kota Mataram, Alwan Basri meminta para kepala OPD untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan fisik yang belum tuntas menjelang masa kampanye Pilkada.

“Sudah kita evaluasi juga kegiatan teman-teman. Kita dorong untuk menyelesaikan kegiatan fisik dulu. Nanti ketika masa kampanye (pilkada) tidak boleh lagi mengumpulkan masa,” imbau Alwan, Sabtu lalu.

Kendati mendapatkan rapor merah terkait rendahnya realisasi fisik, Cahya optimis bahwa serapan kedua proyek tersebut dapat secara maksimal terealisasi dan mencapai target. 

“Dispar Kota Mataram mendapatkan anggaran keseluruhan senilai Rp24 Miliar. 9 miliar dan 4,5 miliar kan kalau total itu sudah lebih dari setengah anggaran. Insyaallah mencapai target” tukasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button