BERITA LOKALDaerah NTBEkonomi BisnisKota MataramMXGPPariwisata

Sebagian Besar dari Eropa, 24 Pembalap Siap Berlaga di MXGP Lombok

Mataram (NTBSatu) – Event Motocross Grand Prix (MXGP) 2024 tinggal menghitung hari. Seri pertama ajang sport tourism itu, akan berlangsung 29-30 Juni dan seri kedua 6-7 Juli di Sirkuit Selaparang, Kota Mataram.

Direktur Proyek Samota Enduro Gemilang, Diaz Rahmah Irhani mengatakan, total pembalap yang berlaga pada gelaran MXGP Lombok 2024 berjumlah 46 pembalap.

“Akan ada 24 pembalap di seri pertama, dan 22 pembalap di seri kedua. Dan 90 persen pembalap tersebut merupakan pembalap asal Eropa,” ungkapnya, Senin, 24 Juni 2024.

Kendati demikian, MXGP tidak menutup akses kepada pembalap lokal jika ingin ikut serta dalam perhelatan MXGP ini.

Dengan hadirnya banyak pembalap dari mancanegara, Diaz memastikan persiapan menjelang beberapa hari gelaran MXGP seri pertama ini berjalan optimal.

“Sudah hampir 90 persen, yang mana sirkuit dan tenda-tenda yang dibutuhkan pada gelaran sudah dibangun 100 persen. Tenda riders sudah berdiri, namun masih ada minor yang perlu kita selesaikan, baik dari sisi panggung dan sebagainya, jadi kalau persiapan sudah 80 – 90 persen,” jelasnya.

Pada penyelenggaraan MXGP tahun ini, panitia menargetkan sebanyak 60.000 penonton. Jumlah itu terbagi dalam dua seri yang artinya setiap seri bisa mendatangkan 30.000 penonton. Hingga saat ini, tiket yang sudah terjual per seri hampir 50 persen, terutama yang seri pertama yang penjualannya lebih banyak daripada seri kedua.

Selain itu, untuk menambah semaraknya acara, akan ada parade penyambutan pembalap yang akan berlangsung Jumat, 28 Juni 2024 sore. Titik awal parade adalah dari Islamic Center hingga Teras Udayana.

“Jadi nanti teman-teman riders akan diarak menggunakan sepeda ontel, dengan cidomo, dan akan ada pertunjukan juga,” tambahnya.

Terkait pengamanan MXGP baik di seri pertama maupun seri kedua, panitia sudah memastikan dengan seksama. Ada sekitar 800 aparat kepolisian yang tergabung dari Polda NTB, Polresta Mataram, Polres Lombok Tengah, Polres Lombok Barat, dan Polres KLU yang akan dimulai pada tanggal 27 – 30 Juni 2024 di seri pertama, dan tanggal 5 – 7 Juli 2024 untuk seri kedua.

MXGP 2024 turut dipastikan akan menyumbang geliat perputaran ekonomi masyarakat. Mulai dari transportasi, otomotif, penginapan, UMKM, tiket, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2023, penyelenggaraan Event MXGP memberikan dampak nilai produksi domestik Indonesia sebesar Rp169,42 miliar.

“Kita berharap MXGP 2024 lebih sukses dari tahun sebelumnya. Sehingga mampu menyumbang pendapatan untuk daerah dan masyarakat, ” tandasnya. (STA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button