BERITA LOKALBREAKING NEWSDaerah NTBPemerintahan

BREAKING NEWS – Mayjen (Purn) Hasanuddin Resmi Jadi Pj Gubernur NTB

Mataram (NTBSatu) – Mantan Penjabat (Pj.) Gubernur Sumatera Utara, Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Purn.) Dr. Hasanuddin, S.I.P., M.M., resmi dilantik menjadi Pj. Gubernur NTB.

Pelantikannya berlangsung sore ini, di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Senin, 24 Juni 2024. Mendagri, Tito Karnavian secara langsung melantik Hasanuddin.

Dalam acara pelantikan, hadir Drs. H. Lalu Gita Ariadi yang merupakan Pj. Gubernur NTB sebelumnya beserta istri. Serta, turut hadir Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB yang terdiri dari Ketua DPRD, Kapolda, Panglima Kodam IX/Udayana, Komandan Korem 162/Wira Bhakti. Kemudian, Kepala Kejaksaan Tinggi NTB, Ketua Pengadilan Tinggi NTB, Kepala BIN Daerah NTB, Komandan Lanal Mataram, dan Komandan Lanud ZAM.

Tito mengungkapkan, pergantian Pj. Gubernur NTB ini karena adanya keinginan Lalu Gita untuk maju di Pilkada mendatang.

“Acara pergantian penjabat ini didorong karena Pj. Gubernur NTB, Pak lalu Gita menyampaikan keinginannya untuk ikut dalam Pilkada mendatang. Sehingga, agar pelaksanaan Pilkada adil, saya menyampaikan untuk mengundurkan diri,” ungkapnya usai pelantikan.

Ia mengaku, Gita telah menemui dirinya beberapa kali dan menyampaikan hal tersebut. Termasuk, meminta diberikan kesempatan untuk membangun jejaring politik sebagai persiapan maju Pilkada. Sebab, sebagai Pj. Gubernur yang sifatnya penunjukkan, akan terbatas dalam melakukan segala hal.

“Saya terjemahkan itu kalau Pak Lalu Gita mengundurkan diri dan otomatis saya mencari pengganti. Dilakukan seleksi, ada beberapa opsi. Yang jelas tidak mungkin dari NTB, karena hanya bisa Sekda. Sementara, Pak Lalu Gita adalah Sekda, sehingga mengambil pejabat pusat menjadi penggantinya,” jelas Tito.

Mengenal Sosok Hasanuddin

Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, S.I.P., M.M. lahir 7 September 1965. Merupakan purnawirawan TNI AD yang saat ini menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Tepat pada 31 Agustus 2023, Hasanuddin ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai penjabat Gubernur Sumatera Utara menggantikan Edy Rahmayadi dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada 5 September 2023.

Hasanuddin merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) kecabangan Artleri pada tahun 1989. Ia juga merupakan lulusan terbaik Susreg XLI di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada tahun 2003.

Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional. Kemudian melanjutkan kuliah S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Terbuka.

Pada tahun 2010 di ia melanjutkan studi S2 Magister Manajemen di Universitas Krisnadwipayana, serta meraih gelar Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada tahun 2023. (JEF/MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button