Daerah NTB

Mengenal Sosok Purnawirawan TNI Pengganti Lalu Gita Ariadi Setelah Diberhentikan Mendagri

Kota Bima (NTBSatu) – Kementerian Dalam Negeri mencopot jabatan H. Lalu Gita Ariadi sebagai Penjabat (Pj) Gubernur NTB, bersama dua Kepala Daerah lainnya.

Kabarnya, Gita Ariadi akan diganti oleh Pj Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Hassanudin, yang juga merupakan Purnawirawan TNI Angkatan Darat.

Kabar ini diperkuat oleh Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB, H. Lalu Hamdi yang menyebut, pengganti Lalu Gita Ariadi bukan dari NTB.

“Belum diketahui siapa penggantinya, sumber mana yang diusulkan, intinya bukan penggantinya dari NTB, karena tidak ada yang memenuhi syarat,” kata Hamdi, Sabtu, 22 Juni 2024.

Sebelumnya, beredarnya surat undangan pelantikan dengan nomor 100.2.1.3/2817/SJ tertanggal 21 Juni 2024 yang ditandatangani Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir, M.Si.

Dalam undangan tersebut disebutkan, pelantikan tiga Pj Gubernur dijadwalkan pada pukul 15.30 WIB sampai selesai di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri di Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat.

Surat undangan tersebut dibenarkan Kepala Biro Pemerintahan Setda NTB H. Lalu Hamdi, bahwa Lalu Gita Ariadi akan diganti.

“Iya, betul akan ada pelantikan Pj Sumut dan Sumsel dari Kemendagri hari senin,” ujar Hamdi.

Berita Terkini:

Mengenal Sosok Hassanudin

Mayor Jenderal TNI (Purn.) Dr. Hassanudin, S.I.P., M.M. lahir 7 September 1965. Merupakan purnawirawan TNI AD yang saat ini menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sumatera Utara.

Sebelumnya, ia menjabat sebagai Wakil Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat.

Tepat pada 31 Agustus 2023, Hassanudin ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai penjabat Gubernur Sumatera Utara menggantikan Edy Rahmayadi dan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian pada 5 September 2023.

Hassanudin merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) kecabangan Artleri pada tahun 1989. Ia juga merupakan lulusan terbaik Susreg XLI di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad) pada tahun 2003.

Ia juga pernah mengenyam pendidikan di Lembaga Ketahanan Nasional. Kemudian melanjutkan kuliah S1 Ilmu Administrasi Negara Universitas Terbuka.

Pada tahun 2010 di ia melanjutkan studi S2 Magister Manajemen di Universitas Krisnadwipayana, serta meraih gelar Doktor Kepemimpinan dan Inovasi Kebijakan, Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada pada tahun 2023. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button