ADVERTORIAL

Ummat Rayakan Iduladha 1445 H, Gelar Salat Bersama dan Bagikan 1.000 Paket Daging Kurban

Mataram (NTBSatu) – Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) ikut menyambut hari raya Iduladha 1445 H yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024. Pada momen tersebut, Ummat menggelar salat ied bersama di halaman kampus.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas academica Ummat, termasuk Rektor, Badan Pembina Harian (BPH) Ummat, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, dosen, staf, mahasiswa, serta masyarakat sekitar kampus.

Selain itu, untuk menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kepedulian sosial dan kebersamaan, Ummat melaksanakan ibadah kurban setelah salat ied.

Ketua Panitia, Ilham, M. Pd., menyampaikan, perayaan hari raya Iduladha ini merupakan momentum mengenang kisah perjalanan spiritual keluarga Nabi Ibrahim a.s.

“Pelaksanaan kurban, sebagai bentuk kesyukuran tertinggi bagi setiap hamba di hadapan Allah. Bagaimana demikian, ibadah berkurban selalu disandingkan dengan ibadah salat dalam Al-Qur’an. Sehingga berkurban disyariatkan sunah muakad bagi setiap muslim,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan salat Iduladha di kampus Ummat, yang menjadi imam adalah Sekretaris Majelis Tabligh PWM NTB, Muhammad Sahril, M.Pd. Sedangkan, penyampaian khotbah Iduladha oleh Ustaz Sukarta, M.Pd.I., yang merupakan Wakil Ketua PWM NTB.

Dalam khotbahnya, ia menyampaikan pesan-pesan penting mengenai makna pengorbanan, keikhlasan, dan ketakwaan kepada Allah, Swt. Termasuk, menekankan pentingnya semangat berkurban sebagai bentuk ketakwaan dan kepedulian sosial.

“Iduladha bukan hanya tentang menyembelih hewan kurban, tetapi juga tentang bagaimana kita meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim a.s., dan keteguhan iman Nabi Ismail as. Melalui kurban, kita diajarkan untuk berbagi dengan sesama dan mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Setelah salat Iduladha dan khotbah, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Tahun ini, Ummat mendapatkan 9 ekor sapi dan 3 ekor kambing dari berbagai donator sebagai bentuk kontribusi nyata dalam membantu masyarakat sekitar.

Rektor Ummat, Abdul Wahab (topi merah) menyaksikan pemotongan hewan kurban yang digelar setelah pelaksanaan salat ied di kampus, Senin, 17 Juni 2024. Foto: Dok Humas Ummat

Adapun daftar donatur dan hewan kurban yakni, 3 ekor sapi dan 2 kambing dari bank mitra (1 ekor sapi dari Bank NTB Syariah, 1 ekor sapi dari bank Dinar Asri, 1 ekor sapi dari bank Panin Dubai Syariah, 1 ekor kambing dari CIMB Niaga, 1 ekor kambing dari BSI).

Kemudian, 2 ekor sapi dari sohibul qurban, 1 ekor sapi dari keluarga Pak Roni, 1 ekor kambing dari keluarga Pak Supriyanto, 1 ekor sapi dari Baitul Maal Ummat, dan 2 ekor sapi dari Ummat.

Sebanyak 1.000 paket daging kurban didistribusikan kepada masyarakat di sekitar kampus, yang meliputi Pagesangan, Bebidas, Jempong, dan Pesongoran. Selain itu, seluruh lembaga kemahasiswaan di Ummat, serta para pegawai dan karyawan termasuk petugas kebersihan, keamanan, dan penjaga malam, juga menerima paket daging kurban.

Rektor Ummat, Drs. Abdul Wahab, MA., menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada seluruh donatur dan pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Kegiatan kurban ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian dan kebersamaan kita dalam membantu sesama, serta mempererat hubungan antara Ummat dan masyarakat sekitar. Semoga Allah, Swt., menerima amal ibadah kita semua,” ungkapnya.

Rektor juga berharap, melalui kegiatan ini dapat terus menumbuhkan semangat gotong royong dan rasa empati di kalangan mahasiswa dan masyarakat.

“Hari raya Iduladha ini menjadi momentum penting untuk saling berbagi dan mempererat tali silaturahmi,” pungkasnya. (JEF/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button