HEADLINE NEWS

Sapi Bobot 1 Ton di Lombok Barat Dipilih Jokowi Jadi Hewan Kurban di NTB

Mataram (NTBSatu) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan menyumbangkan sapi untuk kurban Iduladha 1445 Hijriah atau 2024 Masehi di NTB.

Sapi yang dipilih untuk menjadi hewan kurban tahun ini di NTB berasal dari Lingkungan Menang Timur, Kelurahan Dasan Geres, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat. Sapi tersebut berjenis brahman cross seberat 1,057 ton.

“Hasil pilihannya dari Lombok Barat untuk sapi kurban Presiden Jokowi. Satu ekor, beratnya 1,057 ton,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi NTB, Muhammad Riadi kepada NTBSatu, Selasa, 11 Juni 2024.

Riadi menjelaskan, sapi kurban Jokowi tersebut dipilih dari delapan peternak di Pulau Lombok, di antaranya Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, dan Lombok Utara. Hanya saja, dari delapan peternak tersebut, yang dipilih satu ekor saja.

“Cuman satu ekor sapi bantuan Presiden, sudah dilakukan cek kesehatan dan pemeriksaan lainnya,” jelasnya.

Berita Terkini:

Esok hari, Rabu, 12 Mei 2024, pihak Sekretariat Negara akan melihat langsung sapi tersebut di Lombok Barat.

“Besok tim Sekretariat Negara (Setneg) akan melihat langsung sapinya dan ketemu peternaknya untuk kesepakatan harga,” ujar Riadi.

Setelah itu, sapi akan dirawat terlebih dahulu di sana sebelum hari pelaksanaan Iduladha yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2024.

“Sehari sebelum Iduladha akan diserahkan ke Masjid Alifurrahmah, Desa Ubung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah,” tutur Riadi. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button