ADVERTORIAL

SMPN 1 Sakra Wakili Provinsi NTB di LCCM Tingkat Nasional 2024

Mataram (NTBSatu) – SMPN 1 Sakra, Lombok Timur menjadi perwakilan Provinsi NTB di Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) tingkat nasional 2024. Mereka mewakili NTB usai berhasil menjadi juara di tingkat provinsi dengan memperoleh nilai 2.700 poin, pada babak final yang digelar di Aula Samalas Museum NTB, Rabu, 5 Mei 2024.

Sebagai informasi, babak final LCCM yang digelar oleh Museum NTB dilakukan berdasarkan tiga babak, yakni soal wajib, salah-benar, dan rebutan. Ketiga babak dilaksanakan dengan jumlah soal yang sama, yaitu 16 butir. Peserta pun saling mendominasi dan merebut poin di setiap babaknya.

SMPN 1 Sakra berhasil menjadi pemenang setelah mempertahankan 2.700 poin hingga babak akhir. Lalu, SMPN 2 Mataram meraih juara 2 dengan nilai 2.650 poin.

Kemudian, SMPN 1 Sumbawa Besar menjadi juara 3 dengan nilai 2.400 poin. Disusul MTsN 1 Kota Bima pada peringkat harapan 1, dengan nilai 2.100 poin.

IKLAN

Kepala Museum Negeri NTB, Ahmad Nuralam, S.H., M.H., mengapresiasi seluruh peserta yang telah mengikuti kompetisi LCCM 2024. Hal ini merupakan suatu kebanggaan karena selama tiga hari perlombaan, mereka telah belajar tentang nasionalisme perjalanan bangsa, budaya, dan sejarah.

“Terima kasih kepada semua peserta lomba. Mudah-mudahan dengan cara ini dapat membuat generasi kita lebih mencintai nilai-nilai nasionalisme,” ungkapnya.

Alam -sapaannya- mengatakan, bahwa dalam final LCCM tahun ini untuk menentukan pemenang sangat luar biasa sengig. Sebab, poin yang diraih oleh keempat tim memiliki selisih yang sangat sedikit, seperti antara peserta juara 1 dan 2 hanya beda 50 poin.

Dengan begitu, dirinya menambahkan, bahwa dengan doa dan perjuangan dari peserta final LCCM ini telah menunjukan tekad mereka yang kuat untuk meraih kemenangan. Namun, di antara perlombaan pasti ada yang menang dan kalah.

“Jadi saya ucapkan selamat kepada pemenang SMP 1 Sakra. Hasil ini merupakan doa dan perjuangan yang tak kenal lelah. Dengan perjuangan inilah yang dapat membawa mereka ke LCCM nasional,” ujar Alam.

Ia berharap kepada peserta yang meraih juara LCCM Provinsi NTB untuk mempersiapkan diri mengikuti LCCM tingkat nasional, pada bulan November mendatang.

“Kami harapkan untuk juara, agar siapkan diri untuk mewakili provinsi. Karena target kita adalah masuk 4 besar,” harap Alam.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, agar melakukan bimbingan dan pelatihan mental peserta. Sehingga nantinya, peserta mempunyai mental dan komitmen menjadi juara di tingkat nasional.

“Jadi kami akan lakukan koordinasi untuk melatih mental mereka, agar mereka tidak gugup dan mempunyai semangat yang tinggi dalam perlombaan nanti,” pungkas Alam. (JEF/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button