INTERNASIONAL

Selain Presiden Iran, Inilah Sejumlah Kepala Negara di Dunia yang Tewas Akibat Kecelakaan Udara

Kota Bima (NTBSatu) – Terhitung dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, ada delapan kepala negara di dunia yang tewas akibat kecelakaan udara.

Mengutip dari katadata.co.id, Rabu, 22 Mei 2024, delapan kepala negara tersebut meninggal saat sedang menjabat.

Kasus terbaru menimpa Presiden Iran, Ebrahim Raisi yang meninggal dunia karena mengalami kecelakaan udara menggunakan helikopter pada 19 Mei 2024 kemarin.

Helikopter yang ditumpangi Raisi jatuh di pegunungan dekat perbatasan Azerbaijan dan Iran. Saat itu Raisi hendak ikut peresmian bendungan baru hasil kerja sama Iran dan Azerbaijan.

IKLAN

Kemudian, Presiden Polandia, Lech Kaczinsky, meninggal akibat kecelakaan pesawat pada 10 April 2010.

Lech meninggal di usianya yang ke 60 tahun. Dalam insiden ini, istrinya, Maria Kaczyńska juga termasuk di antara korban tewas.

Ketiga, Presiden Makedonia Utara, Boris Trajkovski meninggal akibat kecelakaan pesawat pada 26 Februari 2004.

Pesawat yang ditumpangi Boris terjatuh di pegunungan dekat Desa Pitulja, sekitar 85 kilometer sebelah selatan Sarajevo, Bosnia.

Kepala negara selanjutnya yang meninggal akibat kecelakaan pesawat adalah Presiden Rwanda, Juvenal Habyarimana dan Presiden Burundi Cyprien Ntaryamira. Mengalami kecelakaan pada 6 April 1994.

Berita Terkini:

Keduanya menumpangi pesawat yang sama. Di mana saat itu mereka habis dari konferensi yang diselenggarakan di Dar Es Salaam, Tanzania.

Selanjutnya adalah Presiden Pakistan, Muhammad Zia-Ul-Haq, meninggal karena kecelakaan pesawat pada 17 Agustus 1988.

Kecelakaan pesawat yang ditumpangi Presiden Pakistan terjadi di dekat Kota Bahawalpur, Pakistan, sekitar 531 kilometer di selatan ibu kota Pakistan.

Ketujuh, kecelakaan pesawat yang menimpa Presiden Mozambik, Samora Machel yang menyebabkan dia langsung meninggal dunia.

Pesawat yang ditumpangi Presiden Mozambik dan beberapa Menteri Mozambik itu jatuh di dekat perbatasan Mozambik-Afrika Selatan, pada 19 Oktober 1986.

Kemudian terakhir Presiden Ekuador, Jaime Roldos Aguilera meninggal dunia akibat kecelakaan pesawat pada 24 Mei 1981. Pesawat yang ditumpanginya itu jatuh di dekat perbatasan Peru. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button