Politik

Rajai Kursi DPRD, PAN dan Golkar Dapat Usung Calon Wali Kota Bima Tanpa Perlu Koalisi

Kota Bima (NTBSatu) – Dua partai dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yakni Partai Golkar dan PAN, memperoleh kursi terbanyak DPRD Kota Bima pada Pileg 2024. Masing-masing partai tersebut memperoleh lima kursi.

Hal itu berdasarkan hasil rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi dan calon terpilih DPRD Kota Bima oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima, pada Kami, 2 Mei 2024 kemarin.

Ketua KPU Kota Bima, Suaeb mengatakan, terdapat sembilan partai politik (parpol) yang berhasil merebut kursi DPRD Kota Bima pada Pileg 2024. Partai tersebut, yaitu Partai Golkar lima Kursi, PAN lima kursi, Demokrat empat kursi, PKS tiga kursi, NasDem tiga kursi, dan Gerindra dua kursi.

“Sementara PDIP, Hanura, dan PBB, masing-masing satu kursi,” kata Suaeb kepada NTBSatu, Sabtu, 4 Mei 2024.

Terhadap perolehan kursi tersebut, Partai Golkar dan PAN berkesempatan mengusung calonnya pada Pilwakot Bima 2024 mendatang, tanpa perlu berkoalisi dengan partai lain.

Hal itu karena partai dengan lambang pohon beringin dan matahari tersebut memenuhi syarat 20 persen jumlah kursi DPRD. Di mana jumlah kursi DPRD Kota Bima berjumlah 25 kursi.

Perihal figur yang akan diusung oleh kedua partai tersebut, untuk sementara masing-masing sudah mengantongi nama-nama yang akan maju pada Pilwalkot Bima 2024.

Berita Terkini:

Misalnya dari Partai Golkar, santer nama Ketua DPRD Kota Bima, Alfian Indra Wirawan yang akan diusung pada Pilwakot Bima nanti.

Terhadap kabar itu, Alfian atau yang akrab disapa Dae Pawan,

Namun pada kesempatan sebelumnya, Dae Pawan – sapaan Alfian Indra Wirawan – belum secara tegas menyatakan kesiapannya untuk maju pada Pilwalkot Bima 2024.

Ia hanya memberi isyarat, bahwa setiap politisi tentu menginginkan jenjang jabatan yang semakin tinggi.

“Semua orang punya mimpi ke jenjang yang lebih tinggi,” kata Dae Pawan.

Sementara dari PAN, nama eks Wakil Wali Kota Bima, Feri Sofyan menjadi calon tunggal yang diusung maju pada Pilwalkot Bima 2024. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button