ADVERTORIAL

Festival Literasi dan Numerasi Kampus Mengajar Angkatan 7 Meriahkan Hardiknas 2024 di SMPN 15 Mataram

Mataram (NTBSatu) – Mahasiswa program Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMPN 15 Mataram menggelar Festival Literasi dan Numerasi, dalam rangka memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Kamis, 2 Mei 2024.

Festival tersebut berlangsung sejak tanggal 26 April 2024 dan kegiatan puncaknya digelar pada peringatan Hardiknas hari ini.

Adapun beberapa kegiatan yang digelar dalam festival ini, yakni Lomba Mendongeng dan Pojok Baca Kelas untuk bidang Literasi. Sedangkan bidang Numerasi, menggelar Market Day atau Bazar Kuliner yang dirangkaikan dengan menghitung hasil penjualan dan persentase keuntungan untuk dilombakan.

Dosen Pembimbing Lapangan Kampus Mengajar Angkatan 7 SMPN 15 Mataram, Dr. Siti Atika Rahmi, M.Si., yang merupakan Dosen Prodi Administrasi Publik Fisipol Universitas Muhammadiyah Mataram mengatakan, mahasiswa Kampus Mengajar ini memiliki tujuan berkolaborasi dengan pihak sekolah untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

“Salah satunya dengan menggelar Festival Literasi dan Numerasi yang dimulai tanggal 26 April sampai 2 Mei 2024. Jadi, para siswa di SMPN 15 Mataram tidak hanya diajarkan dengan materi di dalam kelas, tetapi juga dengan praktik secara langsung melalui kegiatan ini,” jelasnya di sela-sela kegiatan.

Atika memberi contoh, seperti kegiatan bazar kuliner. Dalam bazar, akan ada kegiatan jual-beli yang terjadi antar siswa maupun guru dengan siswa.

“Dari hasil penjualannya itu, pasti akan memberikan keuntungan. Para siswa sendiri yang akan langsung menghitung berapa laba yang didapat. Sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan,” tambahnya.

Kepala SMPN 15 Mataram, Sri Wahyuni Indriani pun mengapresiasi Festival Literasi dan Numerasi yang digelar mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 ini. Terlebih lagi, pelaksanaannya bertepatan dengan peringatan Hardiknas 2024.

“Kami bersyukur sekali ada adik-adik mahasiswa dari Kampus Mengajar ikut memeriahkan Hardiknas 2024 di SMPN 15 Mataram dengan menggelar beberapa kegiatan melalui Festival Literasi dan Numerasi,” ungkapnya.

Sri berharap, dengan adanya festival tersebut dapat membantu meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik di SMPN 15 Mataram. Sebab, dalam Rapor Pendidikan SMPN 15 Mataram 2023, khususnya pada bidang literasi hanya skor membaca meningkat.

“Sementara dari segi pemahaman masih kurang. Sehingga dengan adanya lomba-lomba yang diadakan, kami berharap anak-anak tidak sekadar membaca dan berhitung seperti biasa, tetapi dapat memahami apa yang dibaca dan apa yang dihitung,” harapnya.

Sebagai informasi, Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemendikbudristek. Mahasiswa mengikuti program ini selama satu semester di salah satu sekolah yang ditempatkan dan kegiatannya diakui menjadi 20 SKS kuliah.

Mahasiswa yang mengikuti Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMPN 15 Mataram ini ada lima orang, berasal dari Universitas Mataram, Universitas Pendidikan Mandalika, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMM Mataram.

Lima mahasiswa itu bernama Elyavia Parinti Hapsari, Kariani, Irmalasari, Nurul Fariza, dan Yan Tresna Sari Utami. Mereka memiliki program kerja selama mengikuti Kampus Mengajar, di antaranya Festival Literasi dan Numerasi, Revitalisasi Perpustakaan, dan Revitalisasi Pojok Baca. (JEF/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button