OlahragaSepak Bola

Timnas Indonesia Akhirnya Tembus Perempat Final Piala Asia U-23 Setelah Penantian 10 Tahun

Mataram (NTBSatu) – Sejak digelar pertama kali pada 2013, Timnas Indonesia tak pernah melaju hingga babak grup maupun perempat final Piala Asia U-23. Kini, sejarah itu terpatahkan dengan lolosnya skuad Garuda Muda ke babak delapan besar kompetisi bergengsi sepak bola usia muda se-Asia.

Sejah tersebut diukir Marselino, dkk usai menang telak 4-1 atas Yordania, Minggu malam, 21 April 2024. Pertandingan itu merupakan laga ketiga atau partai terakhir yang dilakoni Indonesia di Grup A Piala Asia U-23 2024.

Dalam laga itu, Timnas Indonesia U-23 berhasil membuka keunggulan pada menit ke-23 melalui titik putih yang dieksekusi oleh Marselino Ferdinan. Penalti diberikan wasit Ammar Ashkanani asal Kuwait, setelah salah satu pemain Yordania melakukan pelanggaran terhadap Rafael Struick. Skor 1-0 untuk Indonesia.

Memasuki menit ke-40, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat Witan Sulaeman. Witan melepaskan sepakan melengkung yang tidak bisa dijangkau oleh kiper Yordania, Ahmad Juaidi.

Unggul dua gol tidak membuat Indonesia mengendurkan serangan di babak kedua. Anak asuh Shin Tae-yong terus berupaya mendapatkan gol ketiga.

Berita Terkini:

Upaya itu berbuah manis setelah Marselino Ferdinan mencatat brace di menit ke-70 sekaligus membawa Garuda Muda menjauh 3-0. Setelah unggul jauh, Indonesia U-23 sedikit lengah setelah Justin Hubner malah memasukkan bola ke gawang sendiri sehingga skor berubah menjadi 3-1 pada menit ke-79.

Tak lama kemudian, atau tepatnya menit ke-86, skor kembali berubah 4-1 untuk Indonesia. Gol keempat Garuda Muda dicetak oleh Komang Teguh.

Hasil tersebut pun bertahan hingga pluit babak kedua berakhir. Dengan skor 4-1, Indonesia dipastikan lolos ke perempat final atau delapan besar Piala Asia U-23 2024 sebagai runner-up Grup A mendampingi tuan rumah Qatar.

Sebagai debutan, tentu Timnas Indonesia U-23 tak banyak diperhitungkan bisa melaju ke perempat final. Apalagi, berada satu grup dengan Australia yang lebih diunggulkan mendampingi tuan rumah Qatar lolos.

Namun tak disangka, Marselino, dkk berhasil membuktikan prakiraan tersebut salah dengan menang atas Australia 1-0. Satu-satunya kekalahan yang ditelan, hanya ketika melawan Qatar dalam laga yang beraroma kontroversi di sejumlah keputusan pengadil lapangan.

Meskipun begitu, kini skuad Garuda Muda setidaknya bisa menatap babak delapan besar dengan percaya diri setelah menumbangkan Yordania 4-1. Padahal dalam laga semalam, Timnas Indonesia U-23 hanya butuh hasil imbang untuk lolos.

Selanjutnya, anak asuh Shin Tae-yong ini tinggal menunggu lawan yakni juara grup B antara Korea Selatan atau Jepang. Dua negara tersebut akan berhadapan satu sama lain di laga terakhir pada hari ini, Senin, 22 Maret 2024.

Kedua negara itu akan menjadi ujian berat Indonesia pada laga perempat final nanti. Sebab, Korea Selatan pernah menjadi juara tahun 2023, sedangkan Jepang merupakan kampiun tahun 2016. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button