BERITA LOKALDaerah NTB

Provinsi NTB Berpotensi Diguyur Hujan hingga 10 Hari Kedepan

Lombok Timur (NTBSatu) – Pada dasarian III (21-30) April 2024, hampir seluruh wilayah NTB diprediksi masih akan hujan dengan intensitas >20 mm/dasarian dengan probabilitas >80 persen.

Kemudian terdapat potensi terjadi hujan dengan intensitas >50 mm/dasarian dengan probabilitas >70 persen di sebagian Lombok Utara, Lombok Tengah, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Sementara pada dasarian II 2024, curah hujan di wilayah NTB secara umum dalam kategori Rendah (0-50 mm/dasarian) hingga Menengah (101-150 mm/dasarian).

“Hanya sebagian kecil wilayah yang memiliki kategori hujan tinggi, yaitu sebagian Kabupaten Lombok Utara bagian barat dan sebagian kecil wilayah Kabupaten Lombok Tengah,” kata Prakirawan BMKG Staklim NTB, Yuhanna Maurits, Sabtu, 20 April 2024.

Ia menjelaskan, hasil monitoring ENSO terakhir menunjukkan indeks ENSO (+1.28) terpantau berada pada kondisi El Nino Sedang. Di mana kondisi El Nino sudah berlangsung selama 33 dasarian.

Berita Terkini:

Prediksi indeks ENSO secara gradual akan beralih menjadi Netral pada Mei-Juli 2024.

Yuhanna menjelaskan, saat ini wilayah NTB sudah memasuki periode peralihan musim hujan menuju musim kemarau.

“Masyarakat perlu mewaspadai adanya potensi bencana hidrometeorologi seperti hujan lebat disertai angin kencang yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan bersifat lokal. Kemudian banjir dan tanah longsor. (MKR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button