BREAKING NEWS

Pelaksanaan Salat Idulfitri 1445 H versi Pemerintah dan Muhammadiyah Diprediksi Serentak

Mataram (NTBSatu) – Pelaksanaan salat Idulfitri 1445 H versi pemerintah dan Muhammadiyah diprediksi digelar serentak pada Rabu, 10 April 2024. Meskipun terdapat perbedaan saat penetapan awal Ramadan oleh keduanya.

Hal ini disebabkan ketinggian hilal saat matahari terbenam pada sore ini, Selasa, 9 April 2024 diprakirakan telah berada di atas ufuk antara 4 derajat 52,71 menit sampai dengan 7 derajat 37,84 menit dan sudut elongasi 8 derajat 23,68 menit hingga 10 derajat 12,94 menit.

Tinggi hilal hasil prakiraan BMKG tersebut disebut telah memenuhi kriteria visibilitas hilal (Imkanur Rukyat) yang ditentukan MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yaitu ketinggian 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat.

Meskipun telah memenuhi kriteria yang ditentukan, penentuan hari lebaran versi pemerintah tetap harus menunggu hasil Sidang Isbat yang digelar hari ini. Sebab, dalam penentuannya tidak hanya menggunakan hasil perhitungan, melainkan ditambah pengamatan atau rukyatul hilal.

Sementara itu, PP Muhammadiyah telah menetapkan Idulfitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024. Keputusan tersebut berdasar Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Berita Terkini:

Berdasarkan data yang dikutip dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 H, tinggi Bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta (-07° 48′ LS dan 2 = 110° 21′ BT) +06° 08′ 28″ (hilal sudah wujud), dan di Wilayah Indonesia pada saat Matahari terbenam Bulan berada di atas ufuk.

Adapun lokasi salat Id keduanya di Kota Mataram bila digelar serentak besok, yakni:

Muhammadiyah akan menggelar salat Id di Masjid Darul Arqam Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) NTB, yang berlokasi pada Jalan Merdeka Raya, Baturinggit Selatan, Karang Pule, Sekarbela

Kemudian, Pemerintah Kota Mataram akan menggelar secara terpusat di lapangan parkir Lombok Epicentrum Mall.

Selain itu, terdapat lokasi lain yang dapat menjadi alternatif pelaksanaan salat Id di Kota Mataram seperti tahun sebelumnya, di antaranya Lapangan Bhara Daksa Polda NTB, Lapangan Perumnas Kelurahan Tanjung Karang Permai, Lapangan TNI-AU Rembiga.

Lalu, Lapangan Rekrorat Universitas Mataram (Unram), Lapangan Mubarok BTN Kekalik Baru Pagesangan Barat, Lapangan BTN Pagutan Permai (BPP), dan Masjid Islamic Center NTB. (JEF)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button