ADVERTORIALKota Bima

Kadislutkan Beberkan Tiga Aspek Utama Pengembangan Potensi Maritim di Kota Bima

Kota Bima (NTBSatu) – Kota Bima memiliki potensi maritim yang beragam. Di antaranya kekayaan sumber daya perikanan yang melimpah, mencakup ikan laut, moluska, dan biota laut lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kota Bima, Jamaludin mengatakan, dalam pengembangan potensi maritim di Kota Bima, setidaknya ada tiga aspek utama yang perlu diperhatikan.

Ketiga aspek itu, sejalan dengan arahan dari  Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Pertama, meningkatkan pengelolaan sumber daya perikanan melalui program penangkapan ikan yang berkelanjutan dan pengawasan yang lebih ketat.

“Di kota Bima akhir-akhir ini sudah marak lagi bom ikan. Karena itu pengawasan terhadap illegal fhising lebih diperketat lagi,” kata Jamaluddin dikonfirmasi NTBSatu, kemarin.

Jamaludin menegaskan, kegiatan pemboman ikan harusnya tidak perlu dilakukan oleh nelayan. Sebab, jika itu terus dilakukan maka keberadaan terumbu karang juga akan ikut rusak.

“Jika terumbu karang rusak, maka ikan-ikan akan berpindah tempat. Yang rugi tetap masyarakat sendiri,” ujarnya.

Berita Terkini:

Kemudian kedua, lanjut Jamaludin, pemberdayaan masyarakat pesisir dalam meningkatkan kesejahteraan melalui program pelatihan dan dukungan.

“Saya meminta bagi ibu-ibu pelaku usaha terutama di bidang kelautan dan perikanan jangan bosan-bosan kalau sering dikunjungi oleh penyuluh dalam rangka pendampingan dan pelatihan,” harapnya.

Terakhir, terkait promosi pariwisata maritim untuk menarik investasi dan meningkatkan kunjungan wisatawan serta memperkuat potensi ekonomi lokal.

Menurut Jamaludin, potensi pariwisata maritim di Kota Bima tak kalah dengan daerah lainnya. Dengan pantai yang indah, kehidupan bawah laut yang menarik, dan kegiatan rekreasi alam yang potensial.

“Semua potensi ini menjadi basis untuk pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Kota Bima,” pungkasnya. (MYM/*)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button