ADVERTORIALKota Bima

Festival Rimpu Mantika: Pemkot Bima Targetkan Perputaran Uang Rp20 Miliar

Kota Bima (NTBSatu) – Tahun ini, Festival Rimpu Mantika secara resmi masuk Kharisma Event Nusantara (KEN), bersama dua Festival lainnya di NTB, yakni Perang Topat Lombok Barat dan Alunan Budaya Pringgasela Lombok Timur.

Hadirnya Festival Rimpu Mantika pada kalender event nasional Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf), merupakan sejarah baru bagi Kota Bima.

Kepala Bidang Pemasaran Wisata, Dinas Pariwisata Kota Bima, Buana Eka Putra menyebutkan, Festival Rimpu Mantika akan digelar selama tiga hari. Mulai tanggal 25-27 April 2024. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Serasuba, Kota Bima.

Melalui kegiatan ini, Pemkot Bima punya harapan besar terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dalam hal ini, Pemkot Bima menargetkan perputaran uang saat kegiatan Festival Rimpu nanti bisa mencapai Rp20 miliar.

“Tahun ini kita targetkan sekitar Rp20 miliar lah. Karena pada Festival Rimpu ini nantinya ada bazar ekonomi kreatif, pembelian kain tenun, dan sebagainya,” katanya dikonfirmasi NTBSatu, Senin, 26 Februari 2024.

Bukan tanpa sebab, Festival Rimpu Mantika tahun ini hadir dengan nuansa yang berbeda. Selain karena berhasil masuk kalender event nasional, kegiatannya juga nanti akan dikemas lebih menarik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Misalnya, Festival Rimpu Mantika nantinya akan dirangkaikan dengan beberapa lomba. Seperti Lomba Fashion Show, Lomba Kapatu Mbojo, Lomba Rawa Mbojo dan Lomba Kareku Kandei. 

Selain itu, panitia juga menyediakan beberapa kegiatan seremonial lainnya, seperti atraksi seni dan budaya, tarian kolosal, serta bazar ekonomi kreatif.

“Puncaknya nanti adalah Pawai Rimpu,” ujarnya.

Berita Terkini:

Kemudian, Pemkot Bima juga menargetkan sekitar 50.000 orang hadir memeriahkan festival tahunan ini.

Pesertanya nanti, lanjut Buana, dari semua elemen masyarakat yang ada di Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu.

Tak hanya itu, Pemkot Bima juga berencana mengundang Menko Marves, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Menkumham yang sekaligus menyerahkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Rimpu kepada Pemkot Bima.

“Jadi Rimpu ini sudah ada HAKI nya nanti diserahkan secara resmi oleh Menkumham,” ucapnya.

Buana optimis Festival Rimpu Mantika akan berjalan sesuai harapan. Dari sisi kesiapan, pihaknya telah melakukan pertemuan dan berkoordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), juga para sponsorship agar terlibat langsung pada festival ini.

“Dan untuk publikasi dan promosi kita sudah mulai dari awal Februari kemarin.
Sudah ada di medsos Pemkot,” pungkasnya. (MYM/*)

IKLAN
IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button