Kota Bima

Pastikan Pemilu Berjalan Lancar, Pj Wali Kota Bima Tinjau Kesiapan TPS

Mataram (NTBSatu) – Sehari menjelang pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024, Penjabat (Pj) Wali Kota Bima, Mohammad Rum, melakukan peninjauan terhadap beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Bima, Selasa, 13 Februari 2024.

Kegiatan ini tujuannya untuk mengecek kondisi, memastikan kesiapan logistik dan personil penyelenggara Pemilu.

Dalam peninjauan itu juga, dilakukan evaluasi terhadap kesiapan logistik dan personil penyelenggara Pemilu di TPS di berbagai kelurahan.

“Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa segala sesuatu telah disiapkan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan guna menjamin terselenggaranya pemungutan suara yang berkualitas dan adil,” ujar Aji Rum, sapaan akrabnya Selasa, 13 Februari 2024.

Adapun TPS yang menjadi titik peninjauan oleh Pj Wali Kota Bima tadi, yakni TPS di Kelurahan Manggemaci, Paruga, dan Tanjung.

Berdasarkan hasil peninjauannya, Aji Rum menilai, kesiapan TPS tersebut telah sesuai target yang ditetapkan oleh KPUD dan Bawaslu Kota Bima.

Di mana hampir semua TPS yang menjadi sampel kunjungan sudah dalam keadaan siap untuk melayani prosesi pemungutan suara dan penghitungan suara.

Berita Terkini:

“Saya berharap semua unsur penyelenggara Pemilu di level TPS dapat bekerja optimal dalam melayani prosesi pemungutan dan penghitungan suara serta mendorong partisipasi aktif dari seluruh komponen masyarakat untuk memberikan hak pilihnya dalam Pemilu termasuk pemilih lansia dan penyandang disabilitas,” harapnya.

Lebih lanjut, mantan Kepala Dinas PUPR Provinsi NTB itu menyampaikan, pentingnya kesiapan yang matang dalam menyelenggarakan Pemilu demi terciptanya proses demokrasi yang sehat dan transparan.

Ia juga menegaskan, Pemerintah Kota Bima komitmen untuk mendukung pelaksanaan Pemilu yang aman dan lancar.

“Diharapkan dengan peninjauan ini, semua persiapan di tingkat TPS dapat dilakukan secara optimal sehingga pemilih dapat memberikan suaranya dengan nyaman dan tanpa hambatan pada hari pemungutan suara nanti,” terangnya.

Dalam arahannya, Aji Rum meminta agar penyelenggara Pemilu di level TPS perlu memperhatikan beberapa hal, terutama kesiapan logistik. Di mana penyelenggara Pemilu harus memastikan semua peralatan dan materi pemilu, seperti surat suara, kotak suara, dan segala perlengkapan lainnya tersedia dan dalam kondisi baik.

“Harus dipastikan juga jumlah dan kesiapan petugas TPS yang memadai, guna melayani pemilih dengan baik, termasuk penanganan prosedur pemungutan suara dan pengawasan,” tutupnya. (MYM)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button