Survei

Survei Capres Smartpoll Indonesia-NTBSatu Jelang Masa Tenang, Siapa Tertinggi?

Mataram (NTBSatu) – Lembaga survei Smartpoll Indonesia (SPI) – NTBSatu merilis temuan Survei Persepsi Pemilih Dapil NTB 2 (Pulau Lombok) pada Pemilu 2024. Survei dikeluarkan jelang tiga hari masa tenang, 11 – 13 Februari 2024.

Hasil yang dirilis adalah elektabilitas pasangan Capres-Cawapres di Dapil NTB 2 Pulau Lombok.

IKLAN

“Hasil survei tersebut menunjukkan pasangan 02 Prabowo-Gibran berada di posisi teratas,” sebut Direktur SPI, Fahrunnisa.

Berikut elektabilitas parpol di Dapil NTB 2 Pulau Lombok versi SPI-NTBSatu: Anies-Muhaimin 35,5%, Prabowo-Gibran 45,7%, Ganjar-Mahfud 10,9%, dan TT/TJ 7,9%.

Survei Persepsi Pemilih Dapil NTB 2 pada Pemilu 2024 ini, lanjut Fahrunnisa, menggunakan rancangan non-probability sampling yang merupakan kombinasi dari convenience, voluntary dan snowball sampling. Skema iniuntuk mendapatkan respon partisipasi publik sebanyak-banyaknya dalam kurun waktu 10 hari pelaksanaan survei, yaitu 5 hingga 14 Januari 2024.

“Teknik pengumpulan data yakni melalui telesurvey menggunakan bantuan kuesioner,” sebutnya.

Target populasi survei ini adalah seluruh masyarakat Pulau Lombok di 4 kabupaten dan 1 kota yang sudah memiliki hak pilih pada pemilu 14 Februari 2024, yaitu masyarakat yang sudah berusia minimal 17 tahun dan atau sudah menikah dan memiliki akses internet melalui smartphone ataupun PC atau laptop.

Adapun responden yang mengisi kuesioner adalah 442 orang, terdiri dari 298 (67,4 persen) responden laki-laki dan 144 (32,6 persen) responden perempuan, yang tersebar secara acak di Pulau Lombok, NTB. Margin of error (MoE) survei +/- 4,9 persen. Tingkat kepercayaan 95 persen. (HAK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button