Pendidikan

Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 akan Dibuka Bulan Maret

Mataram (NTBSatu) – Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 akan dibuka bulan Maret mendatang. Informasi ini diumumkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) usai menggelar rapat koordinasi pelaksanaan seleksi penerimaan mahasiswa/praja/taruna sekolah kedinasan tahun 2024, Rabu, 24 Januari lalu.

“Pendaftaran sekolah kedinasan 2024 rencananya akan dibuka pada bulan Maret 2024. Namun, waktu tersebut bisa berubah sesuai kesiapan lembaga dan dinamika yang terjadi,” jelas Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, dikutip dari rilis Kementerian PANRB, Sabtu, 27 Januari 2024.

“Sedangkan untuk pelaksanaan seleksinya rencananya akan digelar pada bulan April hingga Mei 2024,” tambahnya.

Dirinya pun mengajak putra-putri terbaik bangsa untuk mendaftar di sekolah kedinasan yang akan dibuka sebentar lagi. Ia berharap, para pelamar mulai sekarang bisa segera menyiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan.

“Pemerintah telah mendesain skema kebutuhan ini dan berharap ke depan kita bisa melahirkan calon-calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam menyelesaikan permasalahan rakyat,” ujar Anas.

Terdapat delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini. Delapan instansi tersebut, yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Keuangan; Kementerian Perhubungan, Kementerian Dalam Negeri, Badan Intelijen Negara (BIN).

Baca Juga: Indonesia akan Hadapi Tim Langganan Piala Dunia di Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Kemudian, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Pusat Statistik (BPS), dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Untuk pendaftarannya akan dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), sscasn.bkn.go.id.

Berikut tahapan seleksi sekolah kedinasan 2024:

  1. Tahapan pengumuman melalui portal instansi dan BKN di laman https://sscasn.bkn.go.id/.
  2. Tahapan pendaftaran melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/. Calon peserta seleksi hanya dapat mendaftar pada satu sekolah kedinasan, bila diketahui melanggar akan dinyatakan gugur.
  3. Tahapan seleksi administrasi, dengan melakukan verifikasi kesesuaian antara dokumen yang diunggah dengan persyaratan pendaftaran. Bila dinyatakan lulus dapat mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar.
  4. Tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan sistem CAT yang diselenggarakan BKN dan terdiri atas tiga materi soal yakni TKP, TIU, dan TWK.
  5. Tahapan seleksi lanjutan dilakukan oleh kementerian/lembaga tempat peserta mendaftar dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Pengumuman akhir seleksi.

Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB, Aba Subagja menjelaskan, seluruh tahapan seleksi sekolah kedinasan 2024 sudah terintegrasi dan terkomputerisasi. Sehingga menutup celah kecurangan dan praktik calo.

“Kami selalu ingatkan untuk teman-teman di seluruh Indonesia agar tidak percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, apalagi sampai meminta sejumlah uang. Semua mekanisme dan sistem seleksi sudah baku. Jadi, dipastikan transparan dan akuntabel,” tegasnya. (JEF)

Baca Juga: Rangking TikTok Shop Dilaporkan Turun, Ini Penyebabnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button