Ekonomi Bisnis

Jelang Nataru, Tabungan Warga RI Terkuras Gegara Ini

Mataram (NTBSatu) – Bank Indonesia merilis Survei Konsumen untuk bulan November. Diketahui, kelompok masyarakat dengan pengeluaran di atas Rp5 juta per bulan mulai mengurangi porsi tabungannya menjelang penutup tahun 2023 ini.

Alokasi tabungan mereka berkurang sebab tergerus untuk liburan dan membeli barang elektronik, seperti ponsel.

Data tersebut menunjukkan kegiatan menabung kelompok menengah ke atas mulai merosot dari 18 persen pada Oktober menjadi hanya 16,3 persen di November kemarin.

Adapun, konsumsi golongan kelompok pengeluaran di atas Rp5 juta juga melonjak. Pada Oktober 2023, warga RI menghabiskan 68,4 persen penghasilannya untuk berbelanja. Di November 2023, pengeluaran untuk konsumsi mencapai 72,6 persen. Ini merupakan angka tertinggi sejak Oktober 2021.

“Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun untuk semua tingkat pengeluaran, kecuali responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan,” seperti dikutip dari rilis BI, Selasa, 19 Desember 2023.

Berita Terkini:

Sementara itu, data Mandiri Spending Index (MSI) menunjukkan hal serupa. MSI mencatat semua kelompok belanja tumbuh positif dibandingkan awal Oktober 2023. Peningkatan kelompok belanja itu terutama ada pada barang elektronik dan handphone sebesar 25,9 persen, kebutuhan sehari-hari 6,3 persen, dan mobilitas 5,3 persen.

“Terutama pada kelompok elektronik dan handphone, handphone tumbuh 32,5 persen (mtm), sementara barang-barang elektronik tumbuh 20,9 persen (mtm),” seperti dikutip dari MSI.

Meningkatnya pembelian barang elektronik dan ponsel baru tersebut tercermin dari data proporsi belanja golongan higher dalam MSI. Pengeluaran untuk membeli barang elektronik kalangan atas berada di peringkat kedua dengan proporsi 12 persen. Angka tersebut merupakan yang tertinggi sejak Maret 2022.

Sementara di urutan ketiga terbesar pengeluaran kelompok ini adalah liburan dengan proporsi 10,8 persen. Mandiri Spending Index memang mencatat belanja hobbies memang meningkat signifikan pada November dan juga hotel terus meningkat sejak Agustus 2023.

“Belanja kelompok masyarakat berpendapatan kecil sedikit melambat di November, sementara menengah dan atas masih menguat,” tulis Mandiri Spending Index. (STA)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button