Olahraga

Persiapan PON NTB-NTT 2028, Stadion Pragas Sumbawa Dibidik Jadi Venue Panahan Nasional

Mori berharap, dengan bantuan dan dukungan dari masyarakat, lebih khususnya dari Bupati Sumbawa. Pembangunan venue Cabor Panahan ini dapat terwujud.

“Insyaallah dalam waktu 2-3 tahun ke depan. Lapangan Pragas ini akan kita sulap menjadi venue panahan tingkat nasional terbaik yang ada di Indonesia,” ungkapnya.

Mengenai penetapan dan pembangunan venue, Pemprov NTB melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi NTB, Tri Budiprayitno mengatakan, penataan venue untuk persiapan PON 2028, membutuhkan anggaran puluhan miliar rupiah. Mengingat, hampir semua Sarpras olahraga di NTB membutuhkan perbaikan atau penataan.

“Ini bukan perkara Rp1 miliar, Rp2 miliar atau belasan miliar, tapi ini puluhan miliar yang harus kita siapkan, apalagi berbicara penataan venue,” kata Tri kepada NTBSatu, Rabu, 25 Oktober 2023.

Tri mengaku sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk membahas terkait hal itu.

Berita Terkini:

Namun, dari Kemenpora sendiri belum bisa membicarakan lebih jauh mengenai itu. Lantaran sedang fokus pada penyelenggaraan PON 2024.

“Sepertinya kita belum bisa diskusi banyak dengan Kemenpora terkait ini, karena masih fokus dengan PON 2024, sembari itu berjalan kita juga harus memastikan atau membuat road map untuk PON 2028,” ujarnya.

Guna menyukseskan penyelenggaraan PON 2028 nanti, Pemprov NTB dalam hal ini Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi secara intens berkoordinasi dengan ITDC.

Hal itu dilakukan, agar pihak ITDC turut membantu membuat skenario atau plan alternatif untuk pembangunan venue olahraga di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Kemarin sangat bagus, Pak Pj sudah melakukan diskusi intens dengan ITDC untuk membuat skenario atau sebuah plan alternatif untuk masalah pembangunan venue olahraga di kawasan yang dikelola ITDC,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, NTB dan NTT secara resmi terpilih menjadi tuan rumah PON tahun 2028.

Penetapan itu disahkan dalam acara Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI pada tahun 2022 yang lalu. (MYM)

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button