Pendidikan

Nadiem Klaim Standar Baru Nasional Pendidikan Tinggi Lebih Fokus Tingkatkan Tridharma

Mataram (NTB Satu) – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim meluncurkan episode ke-26 Merdeka Belajar, Transformasi Standar Nasional dan Akreditasi Pendidikan Tinggi, Selasa, 29 Agustus 2023.

Episode Merdeka Belajar terbaru ini diklaim Nadiem, lebih fokus dalam meningkatkan mutu tridharma perguruan tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian masyarakat.

Selain itu, standar baru yang diluncurkan ini, kata Nadiem, memiliki dua hal fundamental yang memungkinkan transformasi pendidikan tinggi untuk melaju lebih cepat lagi.

“Pertama, Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang lebih memerdekakan, di mana Standar Nasional kini berfungsi sebagai pengaturan framework dan tidak lagi bersifat preskriptif dan detail, di antaranya terkait pengaturan tugas akhir mahasiswa. Kedua, sistem akreditasi pendidikan tinggi yang meringankan beban administrasi dan finansial perguruan tinggi,” ungkapnya, saat peluncuran, Selasa, 29 Agustus 2023.

Sehingga, dengan dua hal fundamental ini, lanjutnya, perguruan tinggi bisa lebih leluasa dalam merancang proses dan bentuk pembelajaran sesuai kebutuhan keilmuan dan perkembangan teknologi.

“Misalnya saja, syarat kelulusan yang tidak relevan dengan zaman dan alokasi waktu yang diatur sampai per menit per minggu dalam satu satuan kredit semester (SKS),” katanya.

Baca Juga :

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button