Kota Mataram

Halal Bihalal IKDM, Merajut Kebersamaan Warga Donggo di Mataram

Mataram (NTB Satu) – Ikatan Keluarga Donggo Mataram (IKDM) sukses menyelenggarakan kegiatan halal bihalal, Minggu, 14 Mei 2023.

Kegiatan bertema Merajut Silaturahmi Menuju Donggo Bersatu itu dilaksanakan di Ruang Taman Hijau Kota Mataram, Kelurahan Pagutan Timur, Kota Mataram.

Ketua IKDM, Sabran, SH mengatakan, kegiatan tersebut untuk mengeratkan kekeluargaan warga Donggo, Kabupaten Bima yang berada di kota dengan julukan Kota Seribu Masjid.

IKLAN

“Ini sebagai bentuk kita untuk tetap menjalin erat kekeluargaan di tanah rantau,” ucap pelatih senior Sorinji Kempo tersebut.

Sabran menjelaskan, setiap bulan IKDM rutin melaksanakan agenda silaturahmi. Namun, halal bihalal ini merupakan penguatan dari kegiatan silaturahmi sebelumnya.

“Setiap bulan mengadakan pertemuan seperti arisan keluarga, dana kegiatan ini untuk menguatkan kegiatan sebelumnya,” sambung Ketua IKDM dua periode ini.

Kegiatan tersebut turut dihadiri calon anggota legislatif DPRD Provinsi NTB, Muhamad Irwan, ST., M.Eng. Menurutnya, kegiatan silaturahmi seperti ini mesti berdampak pada persatuan Donggo.

Persatuan yang dimaksud yakni satu pandang tentang kekeluargaan maupun kekerabatan.

“Tentunya harus implementasinya strategis. Termasuk di politik,” ucap pria yang akan bertarung bersama partai PKS tersebut.

Muhammad Irwan (2 dari kiri) Foto Bersama Pengurus IKDM. Foto: Zulhaq Armansyah

Makna persatuan yang dimaksud luas, makna politik itu ujung. Yang utama menurutnya adalah bisa saling membantu, bisa saling mengetahui kondisi dan kabar satu sama lain.

Tidak hanya politik, lanjutnya, yang utama dari kegiatan ini adalah agar warga IKDM mampu mengetahui kondisi dan saling membantu satu sama lain.

“Misalnya, ada keluarga kita dalam keadaan sulit, keadaan sakit atau kurang sehat, itu kita bisa sama-sama ketahui,” sambung Dosen Fakultas Teknik Unram tersebut.

Kegiatan halal bihalal ini dalam pandangan Irwan, diharapkan mampu mengajak warga IKDM untuk tetap menggunakan konsep uluran tangan.

“Dalam hal ini bukan saja tentang materi, tetapi juga tentang tenaga dan perhatian,” ucap Kaprodi STI Universitas Muhammadiyah Mataram itu.

Saat disinggung tentang dukungan politik, Irwan optimis mendapatkan dukungan penuh dan restu warga IKDM. Menurut dia, warga Donggo saat ini membutuhkan sosok wakil rakyat yang memahami kondisinya.

“Saya optimis,” katanya.

Pantauan NTB Satu, ratusan orang menghadiri acara halal bihalal ini. Selain itu, turut dihadiri beberapa organisasi mahasiswa yang berada di bawah naungan IKDM, antara lain Himpunan Mahasiswa Suku Donggo Mataram (Himadom). Kemudian, Himpunan Mahasiswa Donggo Mataram (HMDM) dan Himpunan Mahasiswa Soromandi (Himsi).

Kegiatan juga dirangkai dengan pengajian, selanjutnya bersalaman kemudian diakhiri dengan acara makn bersama. Kegiatan selesai menjelang waktu salat zuhur. (KHN*)


Lihat juga:

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button