Kota Mataram

Penantian Keberangkatan Haji hingga Puluhan Tahun, Kemenag Mataram Imbau Daftar Sejak Dini

Mataram (NTB Satu) – Penantian pemberangkatan jemaah haji di Kota Mataram hingga 38 Tahun. Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram, H. Jaelani Ibrahim mengakui adanya peningkatan daftar tunggu haji, dari sebelumnya 35 tahun.

Animo masyarakat yang tinggi ingin melaksanakan ibadah haji memengaruhi lamanya daftar tunggu haji itu.

“Pada saat pandemi Covid-19 lalu adanya masyarakat yang menyetor haji meskipun kondisi perekonomian mengalami kesulitan,” ucap Jaelani Jumat 12 Mei 2023

Saat pandemi, meski libur jemaah tetap menyetor. Ia tidak mengetahui secara pasti jumlah masyarakat yang menyetor haji setiap hari di Kota Mataram.

Jaelani mengatakan, untuk mendapatkan nomor porsi nantinya akan menentukan dengan jemaah yang lain di Provinsi NTB. Ia mengingatkan, untuk bisa menjalankan ibadah haji pada usia yang masih produktif, masyarakat bisa melakukan penyetoran pada usia 12 tahun.

“Tahun ini kuota jemaah haji asal Kota Mataram yang akan berangkat sebanyak 655 orang. Dari jumlah ini masih ada yang belum melakukan pelunasan biaya pelaksanaan ibadah haji, dan jemaah haji cadangan yaitu sebanyak 49 orang,” pungkasnya. (WIL)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button