Daerah NTB

Bocoran Kadis Dikbud NTB soal Kriteria Kepsek yang Berpotensi Dimutasi

Mataram (NTB Satu) – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB kembali membocorkan terkait rencana mutasi kepala SMA/SMK/SLB di NTB.

Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Dinas Dikbud Provinsi NTB, Nur Ahmad, menyampaikan, bahwa ada petimbangan lain sehingga mutasi diadakan.

IKLAN

“Terutama ini bagi kepala sekolah yang kembali menjadi guru, pertimbangannya karena berkasus. Tetapi, bukan kasus hukum, contohnya, beberapa waktu lalu mengenai parkir. Kemudian, tahun sebelumnya lagi, ada yang mengundang DJ saat pelepasan siswa di masa pandemi dan itu sudah geser. Yang seperti-seperti itu berpotensi,” ungkap Nur Ahmad kepada NTBSatu, Selasa, 9 Mei 2023.

Terkait jumlah kepala sekolah yang berpindah menjadi guru saat mutasi nanti, Nur Ahmad, belum bisa memberikan datanya.

“Ada yang kembali menjadi guru tetapi tidak banyak. Secara total belum bisa kami sampaikan,” tambah Nur Ahmad.

Dalam mutasi tersebut juga, tidak semua kepala sekolah bergeser. Ada yang masih tetap di posisinya sekarang.

IKLAN

“Seperti yang sudah mau pensiun. Lalu, yang sudah dua kali periode atau delapan tahun di satu sekolah. Serta, yang total keseluruhannya tiga periode lebih tapi tidak bergeser,” jelas Nur Ahmad.

Nur Ahmad juga memastikan, bahwa alasan utama rencana mutasi ini karena progres sekolah yang lamban, tidak ada alasan politis.

“Tahun ini memang tahun politis, Pak Gubernur dan Ibu Wakil Gubernur tahun ini habis masa jabatan. Namun, adanya rencana mutasi ini tidak ada ke arah sana. Kami secara profesional melihat dari kinerja dan perkembangan sekolah. Bukan karena tidak mendukung si A atau si B,” tegas Nur Ahmad.

Sebab, dari Dinas Dikbud Provinsi NTB, kata Nur Ahmad, menginginkan percepatan peningkatan mutu di setiap sekolah seluruhnya secara bersama-sama.

“Bukan hanya satu atau dua sekolah saja yang mengalami peningkatan mutu, tetapi semua. Itulah yang kami harapkan,” pungkas Nur Ahmad. (JEF)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button