Daerah NTB

BREAKING NEWS – Gempa Guncang NTB Jelang Buka Puasa, Warga yang Belanja Baju Lebaran Panik

Mataram (NTB Satu) – Gempa mengguncang Wilayah NTB, Jumat 14 April 2023 Pukul 17.55 Wita, atau sekitar 30 menit jelang berbuka puasa. Gempa membuat warga yang merasakan getaran menjadi panik. Pusat gempa di luar NTB.

Data BMKG, Gempa berkekuatan Magnitudo 6.6, itu berpusat di 6.29 Lintang Selatan dan 111.92 Bujur Timur, berjarak 68 kilometer Barat Laut Tuban, Jawa Timur. Kedalaman gempa 632 Kilometer.

Meski berpusat di provinsi berbeda, getaran gempa dirasakan hampir merata di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Warga di Kota Mataram yang sedang wara wiri di pusat perbelanjaan turut panik. Pantauan NTBSatu di Airlangga Fashion Jalan Airlangga Gomong Mataram, warga yang sedang belanja pakaian lebaran berhamburan.

Sebagian yang berada di lantai dua pusat perbelanjaan itu paling merasakan getaran. Mereka bergegas turun ke lantai satu dan keluar melalui gerbang utama. “Gempa wee gempa…,” pekik para karyawan. Mereka saling susul keluar menyelamatkan diri.

Tak terkecuali pengunjung yang sedang berbelanja untuk persiapan kosum lebaran. Atin, salah satunya, saat sedang asik memilih mukenah untuk persiapan dipakai Salat Ied, langsung melepas barang pilihannya dan berlari ke lantai satu.

Untungnya situasi hanya berlangsung sekitar satu hingga dua detik. Warga dan pengunjung kembali tenang dan melanjutkan aktivitas belanjanya.

Sementara sayup terdengar di masjid, suara lantunan ayat Al Quran menandakan adzan magrib untuk berbuka puasa.

Warga Kaget

Salah seorang warga Mataram, Robby Saputera mengaku terkejut saat gempa terjadi. “Saya lagi duduk di ruangan, langsung lari keluar,” katanya.

Hal serupa juga dirasakan Nurita. Dia mengaku langsung berlari keluar begitu merasakan gempa. “Saya lagi masak di dapur untuk buka puasa, tiba-tiba gempa. Anak-anak juga pada keluar,” ucapnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa bumi sore hari menjelang berbuka puasa ini berpusat di Tuban, Jawa Timur. Getarannya pun mengguncang sampai Pulau Lombok. Gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Sementara Kepala BMKG Mataram, Ardhianto Septiadi mengatakan, gempa juga dirasakan daerah Lombok Barat, Lombok Tengah.

Salah seorang warga Mataram, Rifqa mengaku merasakan getaran. ” Getarannya cukup lama, dan gempa, sangat terasa,” ucapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Ali Yusron, “Lagi menunggu berbuka puasa pun, terasa juga,” jelasnya. (HAK/WIL/KHN)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button