Daerah NTB

96 Sopir Truk asal NTT Telantar di Pelabuhan Lembar Lombok Barat

Mataram (NTB Satu) – Sedikitnya 96 orang sopir truk asal Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) telantar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat.
Mereka gagal menyebrang menuju ke Pelabuhan Waingapu di Kabupaten Sumba Timur lantaran kapal barang yang ditunggu tak kunjung tiba.

Mereka diketahui sudah tiba di Pelabuhan Lembar menggunakan kapal lain sejak Juli 2021 lalu. Harusnya sudah tiba di Waingapu beberapa hari kemudian menggunakan KM Egon. Namun hingga hari ini tak kunjung tiba. Informasi yang mereka dapat, kapal alami gangguan.

IKLAN

Para sopir mengaku sudah hampir tiga bulan tertahan di Pelabuhan Lembar. Rata rata barang bawaan mereka berupa perabot dan meubel, berangkat dari Pelabuhan Perak di Surabaya menuju Pelabuhan Waingapu di Sumba Timur.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar Ipda Irvan Surahman dikonfirmasi ntbsatu.com membenarkan informasi tersebut.

“Informasi yang kami terima kapal memang masih docking untuk dilakukan perawatan atau perbaikan. Untuk pelaksanaan berapa lama proses docking itu coba komunikasi sama pihak kapal,” jawab Kapolsek.

Saat ini tugas pihaknya mengamankan situasi, agar tidak ada gangguan Kamtibmas yang timbul dari sopir terlantar tersebut.

IKLAN

“Untuk situasi saat ini masih kondusif,” jawabnya Kamis 2 September 2021 malam.
Dari jadwal yang diperolehnya, kapal Egon harusnya akan tiba Tanggal 4 September, kemudian kembali lagi ke Lembar tanggal 7 dan tanggal 19 September. Namun terkait jadwal, ia menyarankan agar mengkonfirmasi pihak PT. Pelni.

Sementara informasi diperoleh ntbsatu.com, para sopir truk yang tertahan mengalami kesulitan makan dan tempat tidur. Uang saku untuk membeli kebutuhan lainnya sudah habis digunakan untuk bertahan hidup selama hampir tiga bulan di Pelabuhan Lembar.
Mereka tidur seadanya di area parkir, dalam kemudi truk, bahkan kolong truk. Setidaknya untuk pasokan makanan dapat donasi dari solidaritas sesama sopir. (red)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button