BERITA NASIONAL

Komitmen Menyalurkan Zakat, Bio Farma Hadir Dampingi Presiden Serahkan Zakat

Mataram (NTBSatu) – Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir hadir di Istana Negara mendampingi Presiden Jokowi dalam penyerahan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Selasa, 28 Maret 2023.

“Bio Farma menjadi salah satu dari beberapa BUMN yang diundang, dikarenakan Bio Farma konsisten mendukung program zakat nasional,” kata Honesti.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengingatkan kembali pentingnya menunaikan zakat bagi setiap muslim, sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Presiden juga menyebut, bahwa pemerintah terus berusaha untuk mengurangi angka kemiskinan di Tanah Air.

Oleh karena itu, ia mengimbau kepada seluruh umat muslim terutama para pejabat untuk menunaikan kewajiban berzakat melalui amil zakat resmi, agar turut berpartisipasi dalam usaha mengurangi angka kemiskinan.

“Saya menghimbau kepada seluruh umat islam, aparat negara, BUMN, untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas. Sehingga, dana zakat dapat dikelola secara profesional,” tutur Presiden.

Adapun Honesti menyampaikan, bahwa Bio Farma terus rutin mengelola zakat infak sedekah (ZIS) para karyawan.

Upaya itu untuk menindaklanjuti Surat Edaran dari Menteri BUMN tentang Optimalisasi Penyaluran Zakat Insan BUMN.

“Salah satu nilai lebih yang dimiliki Bio Farma ialah terdapat Peraturan Direksi yang mengatur tentang pengelolaan zakat penghasilan karyawan,” terang Honesti.

Bio Farma membentuk Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Biofarma Group yang merupakan tim khusus yang bertugas mengelola zakat penghasilan dari karyawan Bio Farma, Kimia Farma, dan Indofarma.

“Zakat penghasilan karyawan yang terkumpul pada tahun 2022 yaitu sekitar Rp1,2 miliar. Sesuai ketentuan, sebanyak 30 persen disampaikan ke Baznas dan 70 persen disalurkan secara mandiri oleh UPZ Bio Farma,” tambah Honesti.

Dalam kesempatan itu, Ketua Baznas, Noor Achmad melaporkan bahwa pengumpulan dana ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lain (DSKL) secara nasional di tahun 2022 mencapai Rp22,4 triliun atau mengalami peningkatan sebesar 58,03 persen dari tahun sebelumnya.

Peningkatan tersebut juga terjadi pada pengumpulan zakat yang dihimpun oleh Baznas.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasih dikarenakan seluruh BUMN sudah menjadi UPZ dari BAZNAS.(RZK)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button