Daerah NTB

Sejarah! Jalanan di London Dihiasi Ornamen Tema Ramadan

Mataram (NTBSatu) – Sepanjang jalan Coventry di distrik West End, London untuk pertama kalinya dalam sejarah dihiasi dengan ornamen nuansa Ramadan.

Momen itu merupakan bagian dari rangkaian menyambut bulan suci umat Islam di Inggris.

Situs web Ramadan Lights pada Rabu, 22 Maret 2023 menyebutkan, lentera-lentera fanoo dan lampu berbentuk bulan menghiasi sepanjang jalanan.

Terdapat pula hiasan kalimat “Happy Ramadan” yang terbentang antara Piccadilly dan Leicester Square.

“Lampu-lampu tersebut menyala setiap pukul 17.00 sore hingga 01.00 pagi waktu setempat selama 30 hari bulan Ramadan,” terang situs tersebut.

Ramadan Lights menginisiasi konsep ornamen Ramadan di London itu. Ramadan Lights merupakan organisasi nirlaba yang memiliki tujuan untuk menyebarkan atmosfer bulan suci.

Pendiri Ramadan Lights, Aisha Desai memulai proyek ornamen di London ini karena terinspirasi dari kesukaannya pada lampu-lampu natal yang biasanya terpajang terang di jalanan Eropa.

Aisha menambahkan, pihaknya memasang ornamen-ornamen ini sebagai representasi membawa cahaya Ramadan yang sama seperti Natal di London.

“Sebagai seorang anak, perjalanan ke pusat kota London untuk melihat lampu-lampu meriah adalah suguhan tahunan. Sebagai seorang Muslim yang bangga, saya ingin membawa keajaiban itu ke komunitas saya,” kata Aisha dalam pernyataan di situs yang sama.

Sementara Wali Kota London, Sadiq Khan melalui sebuah cuitan mengaku merasa terhormat setelah diundang pada upacara yang digelar pada Selasa, 21 Maret 2023 itu.

Ia juga mengatakan ornamen Ramadan menjadi cara London untuk senantiasa merayakan keberagaman.

Kawasan yang terkenal sebagai pusat perbelanjaan itu memang terkenal di kalangan populasi muslim London.

Ada pun populasi muslim di London mencapai 15 persen.

“London sekarang menjadi kota besar pertama di Eropa yang menjadi tuan rumah pertunjukan lampu spektakuler untuk menandai Ramadan. Itu adalah simbol sejati bagaimana ibu kota kita merayakan keragaman kita,” ujar Sadiq Khan dalam cuitan tersebut. (RZK)


Lihat juga:

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button