Trending

Jelang Bulan Ramadan, Berikut 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

Mataram (NTBSatu)Bulan Ramadan adalah bulan yang dinantikan seluruh umat Muslim. Segala amalan pada bulan tersebut akan dilipatgandakan.

Bulan suci ini pun penuh kemuliaan dan keberkahan. Umat muslim dilatih untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan menjadi lebih baik pada bulan Ramadhan.

Maka, dianjurkan menyambut Bulan Ramadhan dengan penuh suka cita. Salah satunya dengan melakukan amalan menjelang Ramadhan yang akan tiba dalam hitungan hari.

Ada sejumlah amalan yang bisa umat muslim lakukan. NTBSatu merangkumnya, menjadi lima amalan sebelum Ramadhan.

1. Berdoa Dipertemukan Bulan Ramadan

Amalan menjelang Ramadan pertama, yakni memperbanyak doa agar dapat bertemu bulan Ramadan. Doa menyambut Ramadan bahkan sudah bisa diamalkan sejak dua bulan jelang Ramadan (bulan Rajab).

Adapun yang mengatakan, doa menyambut Ramadan selama enam bulan menjelang dan lima bulan setelah. Hal tersebut agar amalannya diterima.

Berdoa juga menjadi salah satu bentuk pengharapan seorang hamba agar dapat berjumpa dengan bulan penuh keberkahan. Maka, mereka bisa memperbanyak beramal pada bulan tersebut.

2. Menyelesaikan Utang Puasa

Amalan kedua, yakni segera menyelesaikan utang puasa bagi yang masih memiliki tanggungan puasa Ramadhan tahun lalu. Hal tersebut penting dan wajib dilakukan dalam menyambut bulan Ramadhan.

Utang puasa dapat diganti sepanjang tahun hingga bulan Syaban. Puasa pengganti ini disebut dengan puasa qadha.

Siti Aisyah R.A juga memperbanyak puasa qada di bulan Syaban. Hal tersebut tertulis dalam hadits Riwayat Bukhari.

“Dari [Abu Salamah] berkata; Aku mendengar [‘Aisyah radiallahu ‘anha] berkata: “Aku berhutang puasa Ramadhan dan aku tidak bisa mengqadha’nya kecuali pada bulan Sya’ban“. Yahya berkata: “Karena dia sibuk karena atau bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam”.


Lihat juga:

1 2Laman berikutnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button