Trending

Jelang Bulan Ramadan, Berikut 5 Amalan yang Bisa Dilakukan Umat Muslim

3. Memperbanyak Puasa Sunnah

Umat Muslim dianjurkan ibadah puasa sunnah menyambut bulan Ramadan. Tujuannya untuk melatih diri sehingga tubuh terbiasa dan tidak kaget saat menjalani puasa Ramadan sebulan penuh.

Terdapat beberapa puasa sunnah, yakni Puasa Rajab, Puasa Syaban, Puasa Senin Kamis, Puasa Daud, maupun Puasa Ayyamul Bidh. Namun, bulan Syaban menjadi waktu terbaik puasa sunnah dan Rasulullah SAW banyak melakukan puasa di bulan ini.

Dalam Hadits Riwayat Bukhari, Aisyah R.A berkata: “Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW melakukan puasa satu bulan penuh kecuali puasa bulan Ramadan dan aku tidak pernah melihat beliau lebih banyak berpuasa sunah melebihi (puasa sunnah) di bulan Sya’ban”.

4. Mantapkan Niat Puasa Ramadan

Amalan lainnya, yakni menata niat dan bertekad puasa Ramadan tahun ini lebih baik dari sebelumnya. Sebab, bisa saja Ramadan tahun ini merupakan puasa terakhir karena tidak ada yang tahu kapan ajal menjemput.

Maka, dengan persiapan dan perencanaan yang baik, aktivitas Ramadan tahun ini harus lebih maksimal. Terutama telah mengetahui kemuliaan dan berlimpahnya ampunan Allah pada bulan suci ini.

5.  Membekali Diri dengan Ilmu

Menjelang Ramadan, umat Muslim dapat membekali dirinya dengan ilmu-ilmu tentang Ramadhan. Di antaranya, masalah hukum, tata cara, dan berbagai aturat syariat berpuasa di bulan Ramadhan.

Tidak hanya itu, dapat mempelajari juga tentang keutamaan-keutamaan yang bisa diraih di bulan Ramadhan. Dalam Islam, semestinya berlomba-lomba untuk mendapatkan kebaikan di dalamnya.

Sesuai pada Surah Al-Muthaffifin ayat 26, Allah SWT berfirman: “Dan untuk yang demikian (kebaikan) hendaknya orang berlomba-lomba”.

Itulah ulasan amalan-amalan yang bisa dilakukan menjelang bulan Ramadan. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan kita melakukan amal saleh agar mendapat keberkahan-Nya. (JEF)


Lihat juga:

Laman sebelumnya 1 2

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button