Lombok Utara

Penyelam asal Amerika Meninggal Tenggelam di Gili Trawangan 

Mataram (NTB Satu) – Tim SAR gabungan menemukan seorang penyelam di kedalaman 21 meter Perairan Gili Trawangan Lombok Utara, Senin 20 Februari 2023. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Kantor SAR Mataram, Lalu Wahyu Efendi mengatakan, penyelam tersebut bernama Tyeson Cluff, asal Amerika Serikat berusia  49 tahun.

IKLAN

Korban sebelumnya hilang  sejak Minggu  19 Februari 2023.

“Ditemukan pada hari kedua pencarian pukul 08.08 Wita, 0,93 NM arah utara dari lokasi kejadian,” kata Wahyu.

Selanjutnya korban yang pertama kali ditemukan oleh penyelam dari Dream Dive  dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal dan diserahkan ke pihak medis. Ditemukan dalam kondisi lengkap dengan perlengkapan selam yang masih melekat di tubuhnya.

“Korban sudah dibawa Rumah Sakit Bhayangkara oleh tim medis,” tambahnya.

IKLAN

Menurut keterangan guide Dream Dive Center yang ikut menyelam bersama korban, sekitar pukul 14.30 Wita mereka melakukan penyelaman di Shark Poin, Utara Gili Trawangan.

Korban terpisah di kedalaman kurang lebih 15 meter, saat guide sedang menemani diver lain melihat terumbu karang, korban sendiri bergerak menuju permukaan air.

Guide pun langsung membuka CMB sebagai tanda ada diver naik ke permukaan dan melakukan pencarian dengan melihat ke atas dan bawah serta memutari area (360°) sesuai protokol safety dive.

Saat itu jarak pandang terbatas merupakan kendala yang dihadapi, korban tidak ditemukan, guide beserta seluruh diver memutuskan untuk menghentikan kegiatan menyelam. Mereka melakukan pencarian dari atas permukaan air di sekitar area penyelaman, namun hasil tetap nihil.

“Selanjutnya kejadian itu dilaporkan ke pihak terkait dan bersama-sama melakukan pencarian,” jelasnya.

Sebagai informasi, unsur yang terlibat yaitu tim rescue Pos Unit Siaga Bangsal, TNI AL, Pol Airud Polda NTB, Pol Air Polres KLU, Barasiaga, Share Love Lombok, Pokmaswas, Dream Dive Shop Trawangan, P3LS, BKKPN dan masyarakat setempat. (HAK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button