ADVERTORIAL

Pemprov NTB Sukses Laksanakan Bulan K3 Nasional 2023

Mataram (NTB Satu) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) NTB telah sukses melaksanakan puncak Bulan K3 Nasional yang dirangkaikan dengan Job Fair Hybrid di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada Kamis, 9 Februari 2023.

Kepala Disnakertrans NTB, I Gede Putu Aryadi S.Sos., M.H., mengatakan, dalam rangka peringatan Bulan K3 Nasional, pihaknya telah melaksanakan berbagai kegiatan sebagai media untuk meningkatkan edukasi, sosialisasi, serta membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya penerapan standarisasi keselamatan dan kesehatan bekerja, terutama di lokasi bekerja.

IKLAN

“Seluruh pekerjaan yang dilakukan memang memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu, risiko tersebut perlu dieliminasi atau dikurangi kadarnya. Setiap proses bekerja diharapkan dapat mengacu pada standar keselamatan dan kesehatan bekerja untuk mewujudkan nihil kecelakaan dan usaha produktif demi mewujudkan NTB Gemilang,” ungkap Gede, Kamis, 9 Februari di KEK Mandalika.

Untuk memperingati Bulan K3 Nasional, Disnakertrans NTB melaksanakan lima kegiatan sekaligus. Pertama, Puncak Bulan K3 Nasional 2023. Kemudian, bersamaan dengan itu, Disnakertrans NTB melaksanakan kegiatan Job Fair secara hybrid yang menargetkan keterlibatan dari 40 perusahaan dengan serapan tenaga kerja mencapai 1000 orang.

Ketiga, Disnakertrans NTB akan meresmikan BLK Komunitas di Darek, Kabupaten Lombok Tengah yang dihadiri langsung Wakil Presiden Republik Indonesia, KH. Ma`ruf Amin pada Jumat, 10 Februari 2023.

“keempat, pada Sabtu, 11 Februari 2023 mendatang, kami akan melaksanakan proses seleksi untuk magang ke Jepang. Kegiatan ini akan dihadiri oleh pihak Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia. Terakhir, kami akan melaksakan temu tenaga kerja mandiri yang dirangkaikan dengan Festival Pujut,” jelas Gede.

Gede menjelaskan, aneka kegiatan tersebut dilakukan untuk mempercepat pembangunan sektor ketenagakerjaan yang ada di NTB. Selain itu, Disnakertrans NTB juga hendak mendukung dan berpartisipasi untuk kesuksesan penyelenggaraan gelaran-gelaran internasional yang ada di NTB, yaitu MotoGP, MXGP, dan WSBK.

“Saya pun ingin berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kami untuk menyukseskan Puncak Bulan K3 Nasional, terutama Ibu Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah. Kami berharap dapat terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat, mulai dari sekarang hingga nanti,” tandas Gede.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia,  Dra. Haiyani Rumondang M.A. yang turut hadir dalam acara Puncak Bulan K3 Nasional mengatakan, momen peringatan Bulan K3 Nasional adalah perayaan yang dapat mengingatkan dan menjunjung tinggi keselamatan serta kesehatan dalam bekerja.

Dengan adanya peringatan Bulan K3 Nasional, ia berharap dapat tercipta kolaborasi-kolaborasi yang luar biasa dari pihak terkait untuk menciptakan keselamatan dan kesehatan bekerja. Haiyani menekankan, sinergi yang luar biasa harus tercipta di seluruh bidang lain yang dapat mendukung pembangunan nasional dan NTB. 

“Dalam menyukseskan sektor ketenagkerjaan, maka seluruh pihak terkait tidak boleh melupakan praktik-praktik kolaborasi. Terima kasih kepada Disnakertrans NTB yang telah bekerja keras mencipatakan ekosistem kerja yang layak dan terstandarisasi,” pungkas Haiyani. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button