Musik

KunciPlay, Konsep Baru untuk Dunia Musik yang Lebih Adil di Indonesia

Mataram (NTB Satu) – Berdasarkan tagar Twitter hingga Jumat, 2 Desember 2022, berita mengenai EraBaru Industri Musik sedang hangat menjadi perbincangan. Hal tersebut disebabkan oleh Kunci Rumah Entertainment yang telah meluncurkan sebuah digital music streaming berbasis NFT KunciPlay.

Dilansir dari Biem.co, aplikasi KunciPlay dibuat berdasarkan keresahan para musisi akan industri musik Indonesia tentang hak kekayaan intelektual hingga transparansi royalti sebuah karya. KunciPlay dinilai menghadirkan harapan baru kepada para musisi melalui perusahaan yang fokus pada industri musik dengan komunitas aset digital dan NFT Musik.

IKLAN

Maka, Kunci Rumah Entertainment secara eksklusif mempersembahkan sebuah digital platform musik yang memiliki konsep dan sistem berbeda dari yang lainnya, yaitu KunciPlay.

KunciPlay adalah digital streaming platform seperti Spotify, Apple Music, Joox. Yang akan menjadi pembeda adalah sebuah lagu yang diunggah sendiri oleh musisi hanya akan diputar di KunciPlay, tidak di platform lain.

Musisi akan membuat lagu baru dan itu hanya akan terdapat di KunciPlay yang memiliki sistem royalti sangat jelas, laporan yang selalu update tiap hari dan bersifat transparan. Bukan hanya musisi saja yang dapat melihat, namun seluruh masyarakat Indonesia dapat melihat royalti musisi.

Seluruh lagu yang berada dalam KunciPlay akan sangat bersifat eksklusif karena tidak dapat didengarkan pada platform sejenis.

IKLAN

KunciPlay sangat mementingkan orisinalitas sebuah karya dan hak royalti untuk musisi. Maka dari itu, untuk royalti KunciPlay sangat detail dan transparan memaparkan pembagian hasil karya yang terjual untuk pemilik NFT Musik dan musisi yang merilis NFT Musiknya.

Nantinya, setiap bulan dari total jumlah yang berlangganan KunciPlay akan dibagi untuk pemilik NFT Musik dan royalti untuk musisi yang merilis aset digitalnya.

Saat ini yang sudah berlangganan KunciPlay dapat menikmati lagu-lagu eksklusif NFT Musik yang telah tersedia. Selain itu, KunciPlay juga sedang merancang beberapa fitur menarik seperti: musik video, live streaming bersama musisi, live chat untuk berbincang dengan para artis, pembelian tiket konser, hingga jadwal tampil para musisi yang semuanya dapat dilihat melalui KunciPlay.

Tidak hanya itu, berlangganan KunciPlay dinilai sebagai bentuk apresiasi terhadap musisi untuk mendapatkan royalti yang sesuai tanpa dapat dimanipulasi, hal ini menjadi langkah untuk Industri musik yang lebih sehat dan transparan. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button