Musik

“Spotify Wrapped” Booming, Taylor Swift Paling Top di Platform Musik Spotify

Mataram (NTB Satu) – Memasuki Desember 2022, sejumlah pengguna platform musik Spotify di dunia mengunggah daftar musisi dan lagu-lagu yang telah didengarkan sejak awal tahun 2022. Bahkan, tagar Spotify Wrapped menjadi topik terpopuler Twitter pada Kamis, 1 Desember 2022.

Berbagai nama musisi dan tajuk lagu mulai terunggah di kanal-kanal media sosial, mulai dari artis nasional, hingga internasional.

IKLAN

Namun, musisi yang merajai tangga lagu pada platform musik Spotify ialah Taylor Swift, seorang musisi perempuan berkebangsaan Amerika Serikat.

Dilansir dari laman Wikipedia, Taylor Swift lahir dengan nama lengkap Taylor Alison Swift pada 13 Desember 1989. Ia lahir di West Reading, Pennsylvania, Amerika Serikat. Taylor Swift kemudian pindah ke Nashville, Tennessee pada usia 14 tahun untuk mengejar karir di musik country. 

Taylor Swift adalah seorang penyanyi-penulis lagu yang seringkali menulis lagu dengan teknik naratif dan sering berpusat di sekitar kehidupan pribadinya.

Penyanyi perempuan yang kini populer dengan lagu “Anti Hero” itu telah menerima pujian kritis dan liputan media yang luas. Album studio debut yang bertajuk “Taylor Swift” merupakan album tahun 2000-an terlama yang berada di Billboard 200.

IKLAN

Selanjutnya, single ketiga yang termaktub pada album “Our Song”, membuat Taylor Swift dijadikan sebagai penyanyi termuda yang menulis sendiri dan membawakan sebuah lagu nomor satu di tangga lagu Billboard Hot Country Songs. Kemudian, album studio kedua Taylor Swift, “Fearless” (2008), mengusung gaya country pop dan memenangkan Grammy Awards sebagai Album of the Year.

Didukung oleh kesuksesan single-single bergenre campuran seperti “Love Story” dan “You Belong with Me“, “Fearless” disertifikasi Berlian oleh Recording Industry Association of America (RIAA). 

Lalu, “Speak Now” yang merupakan album studio ketiganya, bernuansa percampuran country pop dengan perpaduan rock dan menghasilkan single-single 10 besar yaitu “Mine” dan “Back to December“.

Kemudian, pada 21 Oktober 2022, Taylor Swift merilis Album ke-sepuluh yang bertajuk “Midnights” yang menandai kembalinya Taylor Swift ke genre pop, dan memecahkan sejarah baru, yakni menjadi satu-satunya artis wanita dengan debut streaming hari pertama, dan minggu pertama terbanyak sepanjang masa sejarah Spotify.

Selain itu, Taylor Swift menjadi satu-satunya artis wanita yang 10 lagunya masuk dalam Billboard Hot 100 dalam satu waktu, dengan hits No.1 yang bertajuk “Anti Hero”.

Midnights” juga memecahkan rekor penjualan terlaris 2022 dan rekor penjualan terlaris minggu pertama, dan menjadi artis wanita yang mempunyai lima album dengan debut minggu pertama sebanyak satu juta copy di Amerika Serikat.

Dengan penjualan rekaman lebih dari 200 juta di seluruh dunia, Taylor Swift merupakan salah satu dari artis musik terlaris sepanjang sejarah. Ia telah mendapatkan 11 Grammy Awards, 1 Emmy, 58 Guinness World Records, 34 American Music Awards (artis pemenang terbanyak), dan 29 Billboard Music Awards.

Taylor Swift berada di peringkat kedelapan di daftar Greatest of All Time Artists Chart versi Billboard, dan sebagai seorang penulis lagu, ia dimasukkan ke dalam daftar 100 Penulis Lagu Terbaik Yang Pernah Ada oleh majalah Rolling Stone (2015). Taylor Swift juga telah masuk ke berbagai daftar bergengsi lain, seperti 100 orang paling berpengaruh di dunia (2010, 2015 dan 2019) oleh majalah Time dan Celebrity 100 (berada di nomor satu di tahun 2016 dan 2019) oleh majalah Forbes.

Ia dinobatkan sebagai Woman of the Decade (2010-an) oleh Billboard dan Artist of the Decade (2010-an) oleh American Music Awards, dan dua dari albumnya masuk kedalam daftar 500 Album Terbaik Sepanjang Masa (2020) oleh majalah Rolling Stones. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button