IKLAN
Kesehatan

93 Persen Gigi Anak Berlubang, International College of Dentists dan Formula Gelar Aksi Sosial di Pulau Lombok

Mataram (NTB Satu) — Data Riskesdas yang dirilis oleh Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan RI pada tahun 2018 mencatat hanya 7 persen anak Indonesia usia dini yang bebas dari masalah karies gigi. Pada sisi lain, 93 persen anak mengalami gigi berlubang.

Karena itulah Formula, produk kesehatan gigi dan mulut dari OT Group selalu berusaha mendukung upaya untuk meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia terutama sejak usia dini.

IKLAN

Kali ini Formula bersama International College of Dentists (ICD) menggelar aksi sosial edukasi dan pengobatan gigi dan mulut gratis di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 4-6 November 2022.

Bertempat di halaman Kantor Bupati Lombok Barat, rangkaian aksi sosial peduli kesehatan gigi dan mulut yang diselenggarakan oleh ICD dan Formula dimulai.

“Keterlibatan Formula dalam acara ini merupakan sumbangsih produk oral care asli Indonesia yang bertujuan mengurangi masalah gigi dan mulut di Indonesia, khususnya di Pulau Lombok,” kata Head of Corporate and Marketing Communication OT Group (Formula Oral Care), Harianus Zebua.

Masalah gigi dan mulut yang masih banyak ditemukan pada anak-anak dapat menyebabkan keterlambatan pertumbuhan. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah yang menyokong pertumbuhan bagi anak-anak guna menumbuhkan generasi unggul di masa yang akan datang. Gigi berlubang masih dialami 93 persen anak di Indonesia, fakta inilah yang mendorong Formula untuk terus berinovasi agar dapat melindungi gigi anak dan masyarakat Indonesia lebih baik .

“Masih banyak anak yang belum menyikat gigi dengan benar, asal-asalan, dan sekedarnya. Mereka juga menggunakan sikat dan pasta yang tidak tepat,  serta belum memiliki kesadaran memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap enam bulan sekali,” tandasnya. 

Acara ini berlangsung selama tiga hari, dengan menargetkan sekitar 1.500 masyarakat umum dan 6000 siswa sekolah dasar.

Kegiatan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi kesehatan gigi sebagai bentuk bakti pada negeri dari para dokter gigi yang tergabung dalam ICD XV Region 38 dan PDGI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para dokter gigi untuk terjun langsung di masyarakat daerah.

“Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan ini, masyarakat dan siswa SD di Pulau Lombok dapat memperhatikan kesehatan gigi dan mulut mereka. Terima kasih kepada Formula, yang telah membantu ICD dalam menyukseskan acara ini,” jelas Ketua ICD Indonesia, Dr.drg. RM. Sri Hananto Seno, Sp.BM(K),MM,CFD.

Formula sebagai produk perawatan gigi dan mulut asli Indonesia sudah sejak lama berkontribusi untuk mengedukasi dan merawat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

“Kami sudah sering menggandeng mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi untuk melakukan aksi sosial di berbagai daerah di Indonesia melalui gerakan Formula untuk Indonesia. Pada kesempatan kali ini kami sangat senang dan bangga menjadi mitra ICD regional Indonesia yang merupakan bagian dari organisasi kedokteran gigi dunia,”tutup Harianus.  (r) 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button