IKLAN
Advertorial

300 Tungku Oven Tembakau Bantuan Pemprov NTB Terdistribusi

Mataram (NTB Satu) – Sebanyak 300 tungku oven bantuan dari Pemprov NTB terdistribusi. Sebarannya kepada petani pemilik oven yang ada di Kabupaten Lombok Timur, dan Lombok Tengah.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Dr. H. Fathul Gani, M. Si melalui Kepala Bidang Perkebunan, H. Rifai menyebutkan, proses pendistribusian sudah dilakukan sejak beberapa waktu terakhir.
Tungku yang dibagikan ini, diperioritaskan kepada oven-oven tembakau yang masih menggunakan bahan bakar kayu.

IKLAN

“Tungku ini didesain menggunakan bahan bakar cangkang sawit dan cangkang kemiri. Sumber dananya dari DBH-CHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau). Satu tungku, harganya Rp20 juta,” jelas Rifai.

Diketahui, penggunaan bahan bakar kayu dalam proses pengomprongan tembakau masih banyak ditemukan di lapangan. Jika petani tembakau tidak melakukan penyetopan menggunakan bahan bakar kayu ini, kelestarian lingkungan dalam keterancaman.

Karena itu, Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB terus mendorong petani menggunakan bahan bakar alternative seperti cangkang sawit dan cangkang kemiri. Bahan baku ini banyak tersedia. Didatangkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia dari daerah-daerah penghasil kelapa sawit.

“Penggunaan bahan bakar cangkang sawit dan kemiri ini juga lebih efisien. Jika menggunakan bahan bakar kayu, kontrolnya hampir 24 jam. Kalau cangkang sawit dan kemiri, hanya dikontrol enam jam sekali. Jadi petani bisa melakukan pekerjaan lain,” jelas Rifai.(ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button