IKLAN
INFO NTB

Ingin Tentukan Sosok Polisi Bahasa, Kantor Bahasa NTB Pilih Duta Bahasa Yuwana

Mataram (NTB Satu) – Untuk menentukan sosok reksa bahasa atau polisi bahasa, Kantor Bahasa NTB membuat ajang Pemilihan Duta Bahasa Yuwana. Pemilihan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB menghadirkan ke-20 finalis, pada Kamis 29 September 2022. Sebelumnya, Kantor Bahasa NTB telah melakukan beberapa tahapan, yaitu seleksi administrasi, pembekalan materi kebahasaan dan kesastraan secara online.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi NTB, Puji Retno Hardiningtyas menjelaskan, bulan Oktober merupakan bulan yang mewakili gerakan para pemuda. Selain itu, ia memaparkan, pemilihan Duta Bahasa Yuwana ini baru pertama kali diselenggarakan oleh Kantor Bahasa Provinsi NTB.

IKLAN

“Para peserta berperan untuk mengampanyekan bahasa Indonesia yang baik dan benar, terutama di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sesuai arahan dan kebijakan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Duta Bahasa dan Duta Bahasa Yuwana Provinsi NTB dapat berkolaborasi serta bekerja untuk sosialisasi bahasa dan sastra di NTB,” ungkap Retno, Senin, 3 Oktober 2022.

Retno berharap, dengan adanya kegiatan Pemilihan Duta Bahasa Yuwana akan melahirkan para pemuda yang mampu melaksanakan program satu tahun ke depan serta membawa misi kebahasaan dan kesastraan. Pemilihan Duta Bahasa Yuwana telah dilakukan pada Kamis, 29 Oktober 2022 di Hotel Lombok Raya, Mataram.

Tahap penilaian Pemilihan Duta Bahasa Yuwana dibagi ke dalam beberapa sesi, yaitu presentasi oleh ke-20 finalis dengan memaparkan karya tulis yang bertema pemuda dan menjawab pertanyaan seputar kebahasaan dan kesastraan dari dewan juri.

“Selanjutnya, peserta menunjukkan minat dan bakat dengan beragam kemampuan yang dibawakan oleh para peserta, yaitu membaca puisi, pidato, bercerita, ngumang dan bakelong, menjadi pewara, bernyanyi, menari, sketsa, monolog, dan menjadi presenter,” jelas Retno.

Setelah melakukan proses penjurian, berikut ini adalah daftar pemenang terpilih Duta Bahasa Yuwana:

-Pemenang I, yaitu Nanda Suci Ramadhani dari SMAN 2 Sumbawa Besar dan Alvin Danuwarman dari SMAN 5 Mataram.

-Pemenang II, yaitu Alyssa Valasandra Wirawan dari SMAN 1 Mataram dan Muh. Kemal Amrullah dari MAN 2 Kota Bima

-Pemenang III, yaitu Ni Made Sakila Anjani Putri dari SMAN 5 Mataram dan Arsy Zulhakim dari SMAN 1 Sumbawa Besar

Sedangkan untuk Pemenang Favorit, diraih oleh Baiq Hanindyah Ramadhani dari SMAN 1 Praya dan Bagas Dwi Ramdhan Mulyanto dari SMAN 2 Sumbawa Besar.

Juri pada ajang Pemilihan Duta Bahasa Yuwana antara lain, yaitu Puji Retno Hardiningtyas, Ach. Fairuz Abadi, Ermawati, dan Teguh Samudra. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button