Advertorial

Wagub NTB : Provinsi NTB Optimis Net Zero Emission 2050

Mataram (NTB Satu) – Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menghadiri Kegiatan Peringatan Hari Perhubungan Nasional Tahun 2022 dan Peresmian Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berlangsung di Halaman  Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Jum’at (16/09).

Dalam sambutannya, Ummi Rohmi optimis Provinsi NTB mampu meraih Net Zero Emission (NZE) di tahun 2050, hal ini diperlukan  kerjasama dan kolaborasi berbagai stakeholder untuk dapat mewujudkannya.

“Tekad kita itu NZE itu tahun 2050, itu memang tidak mudah tapi saya yakin kalau semua stakeholder terkait kita sama-sama perjuangkan itu terutama PLN juga gimana caranya supaya secepatnya NTB ini transfer ke renewable energy,” tutur Ummi Rohmi.

Untuk memulainya tentu dari hal-hal kecil, seperti penggunaan  kompor listrik, kendaraan listrik, penanaman pohon dan pemilahan sampah yang baik dari rumah. 

“Apa yang diikhtiarkan NTB Gemilang ini tentu untuk menuju Net Zero Emission (NZE), Jadi ini suatu gerakan yang luar biasa baik yang terus menerus harus kita dorong,” ungkap Ummi.

Ummi juga mengajak kepada seluruh OPD untuk dapat memanfaatkan atau pun menggunakan kendaraan listrik atau pun berbagai alat sehari – hari yang mampu mengurangi penggunaan energi fosil.

*Ikhtiar kita untuk penggunaan mobil listrik, penggunaan motor listrik, kompor listrik dan semuanya yang berbau listrik untuk mengurangi penggunaan energi dari fosil ini bisa kita dorong bersama supaya bisa cepat terlaksana,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Faozal menuturkan bahwa rangkaian Hari Perhubungan Nasional salah satunya melakukan sosialisasi terkait dengan hambatan samping di beberapa titik lokasi. 

“Alhamdulillah, kalau kita sekarang menuju ke Lombok Timur kira-kira di beberapa titik yang infrastruktur jalan kita terganggu oleh kegiatan masyarakat melalui sosialisasi dan pendekatan yang luar biasa dari tim Dishub dan seluruh stakeholder,” jelasnya.

Ia juga menambahkan berbagai lokasi untuk sosialisasi, salah satunya di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang mendapatkan respon yang begitu luar biasa dari para siswa.

“Perhubungan masuk ke kampus, perhubungan masuk ke sekolah-sekolah SMA responnya aktif semua mungkin ini juga waktunya untuk kita terus melakukan sosialisasi,” tuturnya. 

Ia juga menambahkan akan ada rencana pembangunan bengkel listrik yang akan dilakukan pada Bulan Oktober bersama dengan PLN dan diperuntukkan untuk kendaraan listrik atau pun barang – barang listrik lainnya.

“Bersama dengan PLN kita akan bicarakan lokasinya dan InsyaAllah bulan depan kita akan memulai, jadi kan kita didorong beli, produk ada, kalau tidak ada maintenance nya susah, jadi harus ada bengkelnya,” tuturnya.  (r/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button