Advertorial

Gubernur NTB Buka Festival Uma Lengge V di Desa Maria Kecamatan Wawo

Mataram (NTB Satu) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc., membuka secara resmi kegiatan Budaya, Festival Uma Lengga V, Rabu (14/9/2022) di desa Maria kecamatan Wawo Kabupaten Bima.

Dalam sambutannya, Bang Zul sapaan Gubernur NTB, memuji suasana dan kemeriahan serta eksotisnya latar belakang situs budaya Uma Lengge.

“Semua Festival bukan hanya sebuah seremoni, bukan hanya upacara adat, namun mengandung makna sangat dalam,”pesan Bang Zul, dalam rangkian kunjungan kerjanya di Bima. 

Lebih lanjut jelas Doktor Zul, bahwa tradisi Festival merupakan bagian dari jalan untuk mengekpresikan dan memaknai rasa syukur dan pesan agar selalu mengingat sang pencipta, Allah SWT.

Selain itu, Doktor Zul juga mengingatkan pada tahun 2028 mendatang NTB akan menjadi tuan rumah PON XXII. Sehingga rangkian Festival Uma Lengge bertepatan dengan pertandingan salahsatu cabang olahraga di Bima, pada ajang olahraga bergensi tersebut.

“Untuk itu, kita harus berani untuk mulai berbenah dan menyiapkan diri, agar peserta PON dapat hadir pada Festival ini,”ujar Doktor Zul didepan Walikota Bima H.M. Lutfi yang hadir bersama ketua Dekranasda Kota Bima, Hj Ellya HM Lutfi.

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, menyampaikan apresiasi atas waktu Gubernur membuka secara resmi Festival Uma Lengge.

“Terimakasih Pak Gubernur NTB, sudah membersamai kami, disela kesibukan kunjungan kerjanya,”ucap Ummi Dinda sapaan Bupati 

Menurutnya, bahwa situs uma lengge tidak saja kebanggaan masyarakat Desa Maria, tetapi kebanggaan seluruh masyarakat Bima 

“Uma Lengge ini, fungsi bukan hanya penyimpan cadangan pangan masyarakat, namun dapat dimanfaatkan untuk berkumpul, bermusyawarah untuk kemajuan desa Maria,” ungkap istri mendiang Bupati Bima Ferry Zulkarnain ini.

Bupati Bima juga menyampaikan, Kecamatan Wawo menjadi kiblat dan contoh bagi kecamatan lain di Kabupaten Bima dari tingkat keamanannya.

Masyarakat Wawo, masyarakat yang santun,  menjaga kerukunan, serta kedamaian, dan tetap menunjukkan jati dirinya sebagai Dou Mbojo.

Sedangkan Ketua Panitia Festival,  Ramdan  mewakili masyarakat Wawo dan Maria khususnya  merasa bangga dan atas kehadiran  tiga pemimpin daerah malam ini, yaitu Gubernur NTB, Bupati Bima dan Walikota Bima serta anggota DPRD Kabupaten Bima 

“Festival Uma Lengge Ke V Tahun 2022 Desa Maria Kecamatan Wawo diinisiasi oleh Kelompok Sadar Wisata Pelopor Maria dan dukung oleh Pemdes dan berbagai pihak,” ujar tokoh pemuda tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur NTB juga menjadi warga kehormatan desa Maria kecamatan Wawo dan menyumbang sejumlah dana guna mendukung kegiatan budaya tersebut.

Hadir mendampingi Gubernur, Asisten 2 Setda Provinsi NTB,  Kadis Perindag, Sekertaris Bappeda, kepala Brida, kepala Disdak,  Kadis ketahanan Pangan, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Koperasi dan UMKM, Kadis Tambun, Kadis LHK,  Kadis Peternakan dan Keswan, Kadis DPMPTSP, Kadis Desa dan Dukcapil,  Kadis DP3AP2KB, Kepala Bakesbangpol, Karo Ekonomi, Karo Adpim, PLT Karo PBJ, GM Geopark Tambora dan sejumlah Kepala Cabang, UPTD Provinsi di Bima. (r/*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button