Daerah NTB

Tidak Hanya Timur Tengah, NTB Punya Kawasan Budi Daya Kurma

Mataram (NTB Satu) – Seperti di daerah timur tengah, NTB pun memiliki kawasan budi daya kurma yang kini masih terus dibudidayakan. Terutama di sekitar kawasan MXGP Samota dan Kabupaten Lombok Utara.

Kepala Dinas Pertanian NTB, Drs. H. Fathul Gani M.Si., mengatakan, untuk di sekitar kawasan MXGP Samota telah tertanam 700 pohon kurma yang menggunakan lahan sebanyak 2 hingga 4 hektare. 700 pohon tersebut berstatus swadaya.

IKLAN

“Kami belum melakukan intervensi lanjutan di sekitar Kawasan MXGP Samota. Sedangkan untuk daftar nama petani, telah terdaftar selama dua tahun terakhir,” ungkap Fathul, ditemui NTB Satu di Kantor Gubernur NTB, Rabu, 31 Agustus 2022.

Sampai saat ini, bentuk intervensi Pemerintah Provinsi NTB terkait penanaman kurma di sekitar Kawasan MXGP Samota masih berupa pemberian penyuluhan. Fathul dan tim telah mengerahkan berbagai penyuluh untuk memberi edukasi kepada para petani mengenai tata cara menanam kurma.

“Dengan adanya pohon kurma, kami berharap Kawasan MXGP Samota memiliki lahan ekowisata. Penanaman pohon kurma telah mendapat atensi dari Pemerintah Pusat,” papar Fathul.

Untuk di Pulau Sumbawa, menurut Fathul bagian lahan yang paling cocok untuk ditanami kurma yaitu seputaran pantai.

IKLAN

“Yang penting, datarannya tidak terlalu tinggi,” terang Fathul.

Sedangkan untuk pohon-pohon kurma di KLU telah berhasil dipanen. Pemerintah Provinsi NTB menargetkan agar setiap kepala keluarga yang memiliki kriteria tanah yang cocok untuk ditanami kurma dapat turut berkontribusi.

“Apabila bersedia, menurut saya itu hal yang sungguh luar biasa,” ucap Fathul.

Ke depan, Fathul berjanji kepada petani kurma KLU untuk memberikan bantuan. Namun, proses pemberian bantuan tersebut bakal melewati proses kuratorial.

“Tentu saja tidak seluruh petani bakal mendapatkan bantuan,” ujar Fathul.

Tanah yang dekat dengan pantai dan beriklim cukup tropis adalah kawasan yang paling baik untuk ditanami kurma. Fathul berharap agar proses budidaya kurma di NTB terus berjalan dengan baik.

“Kalau dengar kawasan kurma, saya berharap yang diingat adalah Lombok dan Sumbawa,” pungkas Fathul. (GSR)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button