Kota Mataram

Ratusan Siswa Ramaikan Lomba Tradisional di Taman Sangkareang

Mataram (NTB Satu) – Dalam memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-29 Kota Mataram pada 31 Agustus 2022, berbagai festival maupun perlombaan diselenggarakan Pemerintah Kota Mataram. Salah satunya yaitu lomba tradisional berupa gobak sodor dan lari karung yang diselenggarakan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Mataram di Taman Sangkareang pada 22 hingga 23 Agustus 2022.

Pada hari pertama, perlombaan berlangsung sangat meriah karena diramaikan oleh ratusan siswa dari seluruh SMP yang ada di Kota Mataram.

IKLAN

Masing-masing perlombaan dibagi menjadi dua regu untuk setiap sekolah, yaitu regu perempuan dan laki-laki.

“Semua SMP se-Kota Mataram ikut, jumlahnya 24 SMP. Masing-masing sekolah mengirim empat tim, yaitu dua tim balap karung dan dua tim di gobak sodor,” ujar Ketua KORMI Mataram, Rudy Herlambang.

Selain untuk memeriahkan HUT Republik Indonesia dan Kota Mataram, tujuan diselenggarakannya lomba tradisional ini untuk menjaga eksistensi permainan tradisional ditengah gempuran permainan digital.

“Sekarang memang eranya gadget, tapi jangan lupa, kerja tim dalam permainan tradisional ini keseruannya tiada tanding. Permainan kita masa kecil inilah yang juga ingin kita turunkan kepada generasi sekarang,” terang Rudy saat ditemui di sela-sela perlombaan.

IKLAN

Selain itu, lanjut Rudy, permainan yang masuk dalam kategori olahraga rekreasi ini juga memiliki potensi besar dalam event-event berskala nasional.

“Ini juga ada perlombaan nasionalnya, dan kita ikut. Yang akan datang kita ingin mengirim lebih banyak peserta lagi. Selain itu, lomba-lomba khas yang kita miliki juga akan kita usulkan masuk dalam perlombaan nasional, seperti peresean dan gendang beleq,” tutup Rudy. (RZK)

IKLAN

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button