Mataram

Cuan Jual Bendera di Mataram Capai Jutaan per Hari

Mataram (NTB Satu) – Setiap tahun menjelang hari kemerdekaan Indonesia, jalanan di setiap kota selalu dihiasi oleh bendera-bendera merah putih yang hendak dijual. Di Kota Mataram sendiri, penjual tidak hanya berasal dari warga lokal, melainkan juga warga luar daerah yang sengaja datang ke Mataram demi mencari cuan.

Seorang warga Garut bernama Adrian misalnya, yang datang bersama kakaknya berjualan bendera di Jalan Bung Karno sejak 28 Juli 2022. Tidak main-main, sehari ia bisa meraup Rp1 juta rupiah dari penjualan bendera dan aneka umbul-umbul lainnya.

“Yang sekarang ini kisaran sejuta, tapi semakin mendekati 17 Agustus, pembeli semakin ramai biasanya,” ujar Adrian, Kamis, 11 Agustus 2022.

Ia menganggap Kota Mataram cukup potensial sebagai lokasi penjualan bendera musiman. Ia mengaku, ini menjadi tahuh ketiga ia menjual bendera di Kota Mataram. Dalam satu musim berjualan, pria yang sehari-harinya bekerja di pabrik makanan di Garut itu mengaku bisa meraup puluhan juta rupiah.

“Kalau lagi ramai bisa sampai Rp30 juta,” akunya.

Lebih menggiurkan lagi yang dialami oleh seorang warga Lombok Tengah bernama Irwan Syahrim, yang rela meninggalkan pekerjaannya di kampung halaman untuk berjualan bendera di Jalan Sriwijaya. Dalam sehari ia bisa mengumpulkan Rp1,8 juta.

“Saya pekerjaan aslinya pangkas rambut, tetapi kalau sudah musim begini pasti saya tinggal dulu untuk jualan bendera,” ungkap Uyim sapaan akrabnya.

Selama ia menjadi pedagang musiman sejak tahun 2018, adanya Covid-19 diakuinya menurunkan angka penjualan hampir setengah dari yang biasa diperoleh. Bendera dan umbul-umbul itu, lanjut Uyim, dipasok dari salah satu distributor di Kota Mataram. Soal harga jual, dirinya mematok harga Rp5 ribu hingga Rp300 ribu.

Ditanya soal adanya penertiban dari petugas, diakui ia pernah disambangi oleh petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Mataram. “Petugas pernah datang, tetapi dimaklumi, soalnya musiman,” tutup Uyim. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button