Daerah NTB

Persyaratan Dilonggarkan, Pendaki Gunung Rinjani Awal 2022 Capai 15.627 Orang

Mataram (NTB Satu) – Sejumlah persyaratan perjalanan maupun pendakian dilonggarkan pada awal tahun 2022. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab naiknya jumlah pendaki Gunung Rinjani di tahun ini.

Pada Januari dan Februari 2022, pendakian Gunung Rinjani ditutup dengan tujuan pemulihan. Lalu pendakian mulai dibuka pada bulan Maret hingga saat ini. Dari Maret hingga Juni 2022, jumlah pendakian di Gunung Rinjani tercatat 15.627 orang, dengan rincian sebanyak 14.153 orang pendaki lokal dan 1.519 orang pendaki mancanegara.

“Jumlah ini meningkat jika dibandingkan tahun lalu, karena saat ini persyaratan perjalanan sudah mulai longgar,” ujar Pengendali Ekosistem Hutan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Budi Soesmardi pada Senin, 18 Juli 2022.

Kunjungan tertinggi terjadi pada bulan Mei karena memang bertepatan dengan libur panjang Idulfitri. “Jalur yang paling diminati yaitu jalur Wisata Pendakian Sembalun dan turun melalui jalur Torean,” ungkap Budi kepada NTB Satu.

Sampai saat ini, kuota pendakian masih berlaku 75 persen, dengan waktu pendakian maksimum 4 hari, 3 malam. Jumlah itu tergolong cukup tinggi jika dibandingkan dengan taman nasional lainnya di Indonesia. Sebagian besar kuota pendakiannya masih sekitar 50 persen dengan lama pendakian 3 hari, 2 malam.

“Kuota saat ini, pintu Sembalun 113 orang, Senaru 113 orang, Torean 75 orang, Timbanuh 75 orang, Tetebatu 75 orang dan Aik Berik 75 orang per harinya. Pesan yang ingin kami sampaikan adalah, setiap pendaki harus mematuhi SOP Pendakian, menggunakan aplikasi eRinjani dalam booking tiket, wajib membawa sampah turun pasca kegiatan pendakian, dan hanya menggunakan jasa pemandu gunung yang resmi,” ujarnya.

Sedangkan untuk wisata alam non-pendakian seperti Otak Kokoq Joben, Telaga Biru, Air Terjun Jeruk Manis dan puluhan wisata alam lainnya, jumlah kunjungan mencapai 8.593 orang sepanjang 2022. Terdiri dari 8.576 wisatawan lokal, dan 17 wisatawan mancanegara.

Apabila diakumulasikan, total kunjungan ke destinasi wisata alam yang dikelola oleh BTNGR sepanjang 2022 sebanyak 24.265 pengunjung. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button