Covid - 19NTB

Kasus Covid-19 Nasional Naik, Warga NTB Diingatkan Perketat Prokes

Mataram (NTB Satu) – Kasus harian Covid-19 di Indonesia pada Rabu, 15 Juni 2022 menyentuh angka 1.242 kasus. Tambahan kasus baru tersebut menjadi yang tertinggi sejak 13 April 2022. Sehingga sampai hari yang sama, total kasus aktif di Indonesia sebanyak 6.007 orang. Dari total kasus kasus aktif tersebut, ada 8 orang teridentifikasi infeksi Covid-19 subvarian baru, Omicron BA.4 dan Omicron BA.5.

Untuk mengantisipasi lonjakan kasus tersebut di NTB, terlebih setelah ditemukannya subvarian baru, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB, Lalu Hamzi Fikri mengimbau agar masyarakat kembali menerapkan protokol kesehatan, terutama saat dalam kerumunan.

“Sebaiknya penggunaan masker dan rajin cuci tangan kembali kita budayakan, supaya aman dari serangan Covid-19 ini,” ujar Hamzi, Kamis, 16 Juni 2022.

Selain itu, ia juga meminta agar masyarakat NTB melengkapi dosis vaksin hingga dosis ketiga atau booster. “Varian baru ini tingkat kesakitannya rendah, terlebih yang sudah vaksin lengkap apa lagi booster. Kita dorong vaksin booster ini, supaya masyarakat kita yang belum booster, kita dorong untuk booster,” terang Hamzi.

Diketahui, cakupan vaksin booster di NTB sampai saat ini masih belum mencapai target atau kurang dari 50 persen.

“Vaksin booster setidaknya 50 persen, tapi saat ini masih 28 persen. Kalau dosis satu sudah 98 persen, dosis dua 86 persen,” ungkapnya.

Sampai saat ini, kasus aktif di Provinsi NTB berjumlah 10 orang, dan tidak ditemukan subvarian baru pada pasien.

Dikes NTB beberapa hari terakhir tidak melakukan pembaruan data kasus harian Covid-19 seperti biasanya di media sosial mereka. Pembaruan kembali dilakukan pada pada Kamis, 16 Juni 2022 setelah terakhir pada Sabtu, 11 Juni 2022. (RZK)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button