Daerah NTB

Berhadiah Fantastis Rp 1 Miliar, Gubernur Luncurkan Lomba Lari Bank NTB Syariah 10K Samota

Mataram (NTB Satu) – Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah secara resmi melaunching lomba lari Bank NTB Syariah 10K (kilometer) Samota berhadiah fantastis dengan total senilai Rp1 miliar.

Lomba lari ini akan digelar tanggal 19 Juni 2022, sebagai pembuka rangkaian Seri MXGP Indonesia 2022 yang digelar di Samota, Kabupaten Sumbawa, NTB pada tanggal 24-26 Juni 2022.

Launching dilaksanakan Senin 16 Mei 2022 di Atrium Lombok Epicentrum Mall (LEM). Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh stakeholder, diantaranya dari jajaran KONI NTB, Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) NTB, jajaran Direksi Bank NTB Syariah, juga disaksikan oleh masyarakat umum. Launching ini sekaligus dibukanya stand pendaftaran di LEM, hingga 12 Juni 2022.

Lomba lari Bank NTB Syariah 10K Samota ini melombakan beberapa kategori. Diantaranya, kategori SMP NTB (putra/putri), kategori SMA NTB (putra/putri), kategori Umum NTB (putra/putri), kategori master nasional di atas 40 tahun (putra/putri), kategori TNI/Polri nasional (putra/putri), dan kategori internasional (putra/putri).

Ketua Pengprov PASI NTB, sekaligus ketua panitia penyelenggara, Farid Gozali menyebut, ada tiga trail, dan lima hadiah umrah disiapkan. Target pesertanya sebanyak 2.500 orang, baik warga lokal, nasional, dan internasional.

Dari event olahraga ini, setidaknya ada 5 tujuan yang diharapkan yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk gemar berolahraga, mengajak masyarakat untuk senantiasa hidup sehat, meningkatkan promosi NTB, khususnya Sumbawa, meningkatkan pertumbuhan ekonomi NTB serta menjaring bibit-bibit atlet potensial dalam rangka menghadapi PON 2024, dan mempersiapan NTB NTT sebagai tuan rumah PON 2028.

Ketua KONI Provinsi NTB, H. Mori Hanafi yang hadir dalam kegiatan launching ini memberi apresiasi kepada inisiator, sekaligus penyelenggara yang telah mempersiapkan event betraraf lokal, nasional dan internasional ini.

Menurutnya, dengan event-sevent seperti ini, NTB akan mudah menjaring calon-calon atlet atletik khususnya dalam rangka meningkatkan prestasi olehraga NTB.

“Kami menyampaikan terimkasih telah mendukung kegiatan olahraga di Nusa Tenggara Barat dan even-event seperti ini memang harus banyak digelar,” ujarnya.

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah melalui Sekretaris Daerah, H. Lalu Gita Ariadi mengajak seluruh kalangan untuk mensukseskan event besar ini.

“Dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Pemerintah juga punya tugas untuk menyehatkan masyarakat. Dan kami dari pemerintah daerah menyampaikan terimakasih kepada Bank NTB Syariah telah menggelar acara ini,” katanya.

Apalagi, jika melihat lima tujuan umum kegiatannya. Diantaranya adalah kompetisi, menjaring calon atlet, dan menumbuhkan ekonomi daerah dengan banyaknya hadir peserta dari berbagai wilayah, di Indonesia, maupun dari belahan dunia lainnya.

“Event-event seperti ini bisa mendongkrak pariwisata daerah kita. Bisa juga menjadi bagian dari promosi daerah kita. Mari kita sama sama sukseskan. Semoga suksesnya MotoGP Mandalika pada Maret lalu, didukung suksesnya MXGP pada Juni nanti, dan lomba lari 10K ini adalah pemanasannya. Maka kita optimis, NTB Bangkit, NTB Reborn setelah dua tahun turut dilanda pandemi Covid-19,” demikian Sekda.

Sementara itu, Direktur Utama Bank NTB Syariah, H. Kukuh Raharjo mengatakan, Bank NTB Syariah adalah bank yang dimiliki oleh seluruh pemerintah kabupaten kota termasuk pemprov.

“Tujuan kami tidak hanya diminta oleh pemerintah dearah sebagai pemegang saham untuk mengutamakan bisnis. Karena selain bisnis kami juga diminta bertanggung jawab pertumbuhan ekonomi secara makro,” ungkap Kukuh.

Menurutnya, mendorong pertumbuhan ekonomi secara makro bisa dilakukan melalui kegiatan olahraga seperti event 10K Samota maupun melalui kegiatan kegiatan lainnya. Pada intinya kegiatan tersebut mampu berkontribusi terhadap ekonomi masyarakat dan daerah.

“Salah satu yang kami gagas ini adalah, kami ingin memberikan satu event sebelum event MXGP digelar di Samota. Jadi kami ingin menjadi bagian memperkenalkan Samota kepada masyarakat nasional dan internasional wabilkhusus bagi NTB sebagai tuan rurmah,” jelasnya.

Selain itu menurut Kukuh, manajemen Bank NTB Syariah memiliki komitmen yang kuat dalam mendukung perkembangan atlet NTB. Untuk itu event-event semacam ini bisa saja digelar secara kontinyu sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Insya Allah sampai saat ini memang kami punya komitmen untuk berpartisipasi menjadi pembina salah satu cabang olahraga dan mudah-mudahan ini bisa terwujud menjadikan NTB sebagai kekuatan salah satu cabor didunia internasional,” tambah Kukuh, waktu penutupan. (ABG)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button