Daerah NTB

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB Sarankan Masyarakat Pilih Buku yang Relevan

Mataram (NTB Satu) – Untuk mewujudkan program Transformasi Layanan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB menekankan agar masyarakat desa mencari buku-buku yang relevan. Sebab, bila tidak sesuai dengan kondisi dan gaya hidup sebuah desa, maka program tersebut tidak efektif.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, Julmansyah, M.Ap., mengatakan, mencari buku yang tepat merupakan hal yang penting. Menurutnya, masyarakat perlu didampingi manakala menentukan buku yang bakal dipinjam.

“Mencari buku-buku yang relevan mengenai budaya atau gaya hidup masyarakat di desa tertentu, juga sangat penting untuk diperhatikan,” ungkap Julmansyah ketika membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan – Teknologi Informasi dan Komunikasi, di Hotel Aston, Rabu, 11 Mei 2022.

Lebih lanjut, Julmansyah menyarankan agar pengelola perpustakaan menyiapkan bahan bacaan yang relevan dan sesuai dengan tantangan beserta kebutuhan masyarakat desa. Ia menilai, perpustakaan desa dapat lebih maju dibandingkan dengan perpustakaan sekolah.

“Sudah saatnya perpustakaan menjadi ruang belajar kontekstual. Permalasahan dan potensi dari masyarakat di sebuah desa, harus dipraktikkan di perpustakaan desa,” ujar Julmansyah.

Ia mengajak masyarakat meninggalkan paradigma bahwa perpustakaan hanyalah sebatas lokasi untuk mengoleksi pengetahuan bakal bertransformasi.

“Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial bakal memberi alternatitf dalam mencari mata pencaharian baru, yang sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun, masyarakat tentu memerlukan asupan lain, yang lebih segar dan kreatif,” papar Julmansyah.

Terakhir, Julmansyah mengucapkan rasa terima kasih kepada Perpustakaan Nasional. Sebab, telah mempercayakan NTB sebagai lokasi diadakan Bimtek.

“Atas nama pemerintah provinsi NTB mengucapkan terima kasih kepada Perpustakaan Nasional karena mempercayakan NTB sebagai lokasi untuk menyelenggarakan Bimtek yang diikuti oleh rekan-rekan dari provinsi Bali,” pungkas Julmansyah. (GSR)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IKLAN
Back to top button